Tentang Sikat Gigi Pada Anak

Adakah diantara anda yang mengalami kesulitan membuat anak menggosok gigi? Beberapa ibu mengaku bahwa mereka mengalaminya. Menggosok gigi seolah-olah menjadi rutinitas yang penuh dengan amukan dan air mata .Mengajar anak untuk mengosok giginya adalah salah satu cara untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab anak terhadap kesehatan tubuhnya . Ini bisa menjadi tantangan karena anak-anak belum memahami bahwa menjaga kesehatan adalah hal yang penting dan harus senantiasa diupayakan.

anak sikat gigi 1

Karenanya, andalah yang berperan besar untuk mewujudkan ritual sikat gigi yang menyenangkan bagi anak. Berikut adalah beberapa trik yang dapat Anda terapkan :

1). Siapkan peralatan gosok gigi dengan motif kartun kegemaran anak.
Pilihlah sikat gigi anak yang kepalanya relatif kecil, yaitu 1,5 cm dengan panjang bulu sikat sama, bulunya halus serta bergagang cukup lebar dan tebal. Jangan lupa untuk membersihkan sikat gigi segera setelah dipakai. Simpan sikat gigi dengan cara digantung agar bulu sikatnya cepat kering. Dan jangan lupa ganti sikat gigi yang bulu nya sudah mulai mengembang, rontok dan melunak.

2). Bubuhkan pasta gigi.
Bila balita sudah berumur lebih dari 2 tahun, pilih pasta gigi khusus untuk anak yang mengandung fluoride dan aman bila tertelan (biasanya informasi ini tertera pada kemasan). Bubuhkan pasta gigi pada sikat sebesar kacang polong (pea size), atau selapis tipis sikat gigi. Bila balita masih berumur 1-2 tahun, belajar gosok gigi bisa dilakukan tanpa menggunakan pasta gigi, untuk menghindari menelan pasta gigi yang mengandung flouride terlalu banyak.Gunakan air matang untuk berkumur dan membersihkan sisa-sisa busa pasta gigi yang menempel di sekitar mulutnya

3). Jadilah partnernya.
Ingat bahwa anak akan cenderung mencontoh apa yang orang dewasa lakukan. Ketika anda terus mendoktrin anak untuk menggosok gigi secara rutin , namun anda sendiri tidak melakukannya, hal itu akan sia-sia. Menggosok gigilah bersama anak, agar anak anda merasa bahwa aturan gosok gigi itu pun berlaku bagi anda. Berilah contoh menggosok gigi yang benar pada anak. Jangan lupa sisipkan mengapa menggosok gigi itu penting saat rutinitas menggosok gigi bersama ini berlangsung. Minta anak menirukan cara Anda memegang dan menggerakkan sikat gigi. Untuk si kecil yang baru belajar gosok gigi, gunakan metoda Bass, yaitu meletakkan bulu sikat pada sudut 45 derajat lalu gerakkan ke kiri dan ke kanan secara perlahan. Bila si kecil sudah lebih besar, ajarkan gosok gigi dengan metoda Fone, yaitu menyikat memutar, dan selanjutnya metoda Leonard berupa gerakan menyikat gigi ke atas dan ke bawah. Lakukan gerakan menyikat gigi bersama si kecil sesuai metoda yang paling mudah dan mampu ia lakukan.

4).Bermain peran saat menyikat gigi.
Jadilah seekspresif mungkin saat sedang menyikat gigi. anda bisa bermain peran dengan anak. Misal dengan menganggap kuman dan sisa makan yang menempel di gigi adalah naga, dan sikat gigi adalah ksatria yang bisa mengalahkan sang naga. Buatlah cerita sesuai dengan kegemaran anak.

5). Berikan reward/pengakuan atas upayanya untuk menyikat gigi.
Untuk memupuk kebiasaan gosok gigi pada si kecil, setelah selesai, beri ia hadiah. Misalnya, ciuman sayang, pelukan hangat, atau berupa benda-benda kecil yang bermanfaat. Contohnya, tutup kepala sikat gigi berbentuk kepala binatang lucu atau sikat gigi baru berbentuk lucu dan berwarna menarik.Bisa juga dengan memberikan stiker karakter favoritnya dan mengumpulkannya dalam album khusus.

Selamat mencoba!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 6 =