Sakit Radang Tenggorokan Pada Bayi

Jika bayi Anda tiba-tiba rewel disertai dengan demam dan tenggorokan memerah yang terlihat bengkak, bisa jadi ia sedang mengalami radang tenggorokan. Lebih lanjut, Anda perlu melakukan observasi mendalam untuk memastikan kondisi bayi Anda sebab ia tidak bisa mengatakan apa yang sedang dialaminya.

Sekitar 60% dari kondisi tersebut disebabkan oleh virus yang mengakibatkan peradangan akut yang terjadi pada membran selaput lendir di bagian bawah ujung tenggorokan atau langit-langit. Jangan buru-buru memberikan antibiotik sebab pada dasarnya virus tidak dibasmi dengan antibiotik. Berbeda halnya jika penyebab dari radang tenggorokan adalah bakteri atau jamur yang membutuhkan penanganan khusus dengan gejala klinis yang biasanya lebih berat.

radang tenggorokan 1

Berikut gejala dari radang tenggorokan yang umumnya sering terjadi pada bayi :
– Rewel
– Demam
– Batuk berlendir
– Tidak mau makan
– Tenggorokan memerah dan akan timbul bintik-bintik putih atau kuning
– Kesulitan bernafas

Untuk meredakan gejala-gejala tersebut, orangtua dapat mengusahakan beberapa upaya antara lain :
– Berikan cairan sebanyak mungkin (air putih, ASI atau susu formula)
– Jika demam tinggi, berikan segera parasetamol
– Berikan makanan lembut seperti bubur atau sup
– Hindari makanan goreng dan berminyak

Radang tenggorokan seharusnya akan mereda setelah 1-3 hari. Jika setelah 5 hari kondisi tak juga membaik atau bahkan bertambah buruk, sebaiknya segera bawa bayi Anda ke dokter anak terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan agar diketahui penyebab pastinya. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri atau jamur akan memerlukan treatment khusus dan obat-obatan antibiotik.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya radang tenggorokan merupakan sebuah kondisi atau gejala dari penyakit dan bukan penyakit utama. Dengan demikian, gejala tersebut akan hilang otomatis jika penyakit utamanya sembuh. Sebaliknya, gejala akan semakin parah jika penyebab utamanya tidak disingkirkan.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − 4 =