Apakah Aman Menggunakan Pewarna Rambut Selama Kehamilan?

Cat rambut dan kandungan kimia dalam pewarna rambut memiliki resiko yang belum dapat dijelaskan secara pasti terhadap kehamilan. Sebuah studi tentang penggunaan pewarna rambut pada kehamilan memberikan laporan bahwa hal tersebut bisa menyebabkan bayi mengalami resiko kanker neuroblastoma. Jenis kanker langka pada anak yang mempengaruhi sistem saraf dan jaringan lain. Namun demikian, penelitian yang ada belum 100% mendukung temuan ini.

Selalu ada kecenderungan bahwa beberapa senyawa kimia dalam pewarna rambut dapat menyebabkan cacat lahir. Namun, Anda akan perlu untuk menggunakannya dalam dosis sangat tinggi sebelum mendapatkan resiko ini. Sebagai contoh, Anda mewarnai rambut Anda hampir setiap bulan pada periode kehamilan.

Untuk sesuatu yang belum jelas seperti ini, mempertimbangkan prioritas dan fungsi pewarnaan rambut selama kehamilan adalah hal yang luar biasa penting. Jika pekerjaan mengharuskan Anda melakukannya sedemikian rupa, barangkali Anda baru perlu mempertimbangkan untuk melakukannya. Sementara itu, untuk alasan yang lain yang tidak terlalu penting, mewarnai rambut sebaiknya dihindari selama masa kehamilan.

Jika terpaksa, Anda dapat memilih pewarna rambut yang paling aman. Pewarna alami yang berasal dari bahan bukan kimia (organik) bisa menjadi alternatif terbaik. Juga, usahakan menggunakan pengaman rambut yang tidak bersentuhan secara lama dengan kulit kepala Anda. Anda mungkin dapat memberikan ‘highlight’saja atau memilih jenis pewarna yang diapplikasikan di rambut Anda tanpa bersinggungan dengan kulit kepala.

Merasa cantik ketika hamil adalah hal yang diinginkan setiap ibu hamil. Jadi, pertimbangkan ulang hal ini jika motivasi mengecat rambut adalah untuk hal tersebut, apakah mewarnai rambut akan membuat Anda merasa cantik atau justru khawatir? Ada banyak cara lain yang lebih aman bagi ibu hamil untuk membuat dirinya selalu tampil cantik ketika menantikan kelahiran buah hati.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − nine =