4 Tips Mengatasi Bayi Sembelit

Bayi dan sembelit adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan pada tahapan perkembangan usianya. Bayi yang memiliki organ dan jaringan pencernaan yang ‘masih belajar’ kerap mengalami perubahan pola buang air besar dan terkadang membuat kondisi sembelit. Lalu bagaimana Anda dapat tahu bahwasanya pola buang air besar pada bayi Anda tetap tergolong normal?

4 Tips Mengatasi Bayi Sembelit

Untuk bayi yang baru lahir, wajarnya ia bakal buang air besar sampai sejumlah 4 kali setiap hari. Ini akan berjalan hingga ia berumur 7 hari. Untuk anak berumur 2 th., terhitung normal bila ia bisa buang air besar (BAB) 1-2 kali setiap harinya. Anak umur 4 th. sudah sama pola BAB-nya dengan orang dewasa – 1 kali setiap hari. Nah jika kurang dari itu, maka dapat dikatakan bayi/anak mengalami sembelit.

Berikut tips untuk mengatasi bayi sembelit yang dapat dilakukan :

Berikanlah makanan kaya serat serta bersifat memperlancar pencernaan, seperti buncis, pepaya, apricot, peach, atau pear, setiap hari. Bila anak telah dapat makan snack, tawarkan potongan kecil apel atau peach (buat saat ini, batasi dahulu konsumsi pisang, sereal beras, serta keju, yang malah punya sifat ‘menahan’ penyerapan).

Perbanyak cairan. Air bakal memperlancar perjalanan serat lewat system pencernaan. Mulai dengan lebih banyak ASI atau susu formula. Saat ini, karena si kecil telah makan makanan padat, tambahkan air kurang lebih 60-120 ml /hari. Bila sembelit tetap menimpa sesudah beberapa hari, beri juice (pepaya, apel, pear) dalam dosis yang sama.

Bergerak. Beberapa dokter belum tahu pasti kenapa bergerak dapat menangani persoalan pencernaan. Nyatanya, kesibukan fisik memanglah ampuh untuk hal semacam ini.

Pijat perut bayi. Sejumlah besar kotoran buang air besar pada usus dapat mengakibatkan pelebaran yang bakal benar-benar menyakitkan untuk bayi. Rasa sakit ini justru dapat membuat bayi menahan buang air sehingga malah bakal bikin sembelitnya makin kronis. Pakai sedikit minyak zaitun untuk kurangi gesekan serta pijat perut bayi dalan gerakan yang lembut serta memutar searah jarum jam untuk kurangi sembelit pada bayi.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × five =