Sakit Mata Pada Bayi : Tahu & Atasi

Sakit mata bisa menimpa siapa saja tanpa kecuali. Pada bayi, sakit mata dapat terjadi ketika ia baru lahir, usia 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun hingga mencapai usia kanak-kanak. Kapan pun itu, Anda harus selalu awas dan segera mencari pengobatan agar sakit mata segera sembuh. Mata adalah indra yang sangat penting bagi manusia.

Sakit Mata Pada Bayi Tahu & Atasi

Secara garis besar, sakit mata dikelompokkan menjadi 4 jenis menurut penyebabnya :
1. Sakit mata karena virus (Viral Conjunctivitis)
2. Sakit mata karena bakteri (Bacterial Conjunctivitis)
3. Sakit mata karena iritasi atau alergi (Allergic Conjuctivitis)
4. Sakit mata karena penyumbatan saluran mata ke rongga hidung

Sementara itu, gejala sakit mata yang kerap terjadi pada anak ada 2 macam, yaitu belekan dan mata merah (Konjungtivitis). Anda mesti mewaspadai bila mata belekan pada bayi baru lahir diiringi dengan tanda-tanda yang lain seperti mata berwarna merah, bengkak, ke-2 kelopak mata lengket, atau belek berwarna kuning kehijauan, serta pada masalah serangan bakteri spesifik bukan sekedar keluar belek, namun juga nanah. Bila ini yang berlangsung, ada kemungkinan berlangsung infeksi selaput mata bayi Anda, yang didapat waktu bayi keluar dari jalan lahir. Pemicunya bisa berbentuk iritasi kimia, bakteri, klamidia, virus herpes simplek, atau bakteri patogen yang lain.

Konjungtivitis bisa dikarenakan oleh infeksi (virus atau bakteri) atau oleh reaksi alergi. Tetapi tak bisa di pastikan infeksi yang berlangsung dikarenakan oleh virus, bakteri atau alergi, lantaran keduanya sama mengakibatkan mata merah serta berlangsung pembengkakan pada konjungtiva. Tanda-tanda umumnya berkembang kurun waktu 24 sampai 72 jam jadi terinfeksi serta umumnya pulih pada dua hari hingga tiga minggu.

Solusi Atasi Sakit Mata
1. Disebabkan penyumbatan saluran mata ke rongga hidung. Wajarnya sebelum saat si kecil meraih umur 7 bln., saluran air mata bisa terbuka prima hingga korotan serta air mata bisa mengalir tiada hambatan. Bila lantaran satu serta lain perihal berlangsung penyumbatan yang menyebabkan si kecil belekan, aksi yang bisa dikerjakan yaitu memijat-mijat pangkal hidung si kecil. Bila bapak bunda tak tau langkahnya, bunda bisa berkonsultasi dengan terapis bersertifikat atau dokter anak manfaat memperoleh tipsnya.

2. Disebabkan infeksi virus. Penanganan masalah mata merah serta belekan yang disebabkan oleh serangan virus tak membutuhkan antibiotik, mengingat virus tak dapat dibunuh memakai antibiotik. Langkah pas yang bisa dikerjakan bapak bunda yaitu bersihkan kotoran pada mata bayi dengan memakai kapas serta iar hangat dengan cara teratur, dan berikanlah ASI sesering barangkali untuk menambah system kekebalan badan hingga si kecil bisa sehat kembali. Bila keadaan mata si kecil tak membaik, hubungi dokter untuk berkonsultasi.

3. Disebabkan iritasi atau alergi. Langkah yang paling bijak untuk menangani pemicu alergi atau iritasi yaitu lewat cara mengindari pemicu alergi serta iritasi. Ketahui apa-apa saja yang menyebabkan iritasi mata si kecil, bila tetap belum terang bapak bunda bisa berkonsultasi dengan dokter anak atau dokter mata.

4. Disebabkan infeksi bakteri. Pada keadaan spesifik waktu si kecil alami infeksi bakteri umumnya dokter bakal meresepkan antibiotik yang sesuai sama dengan keadaan si buah hati. Dalam rencana berjaga-jaga bapak bunda bisa mencari ‘scond opinion’ atau pendapat ke-2 dari dokter lain manfaat mencari kepastian keadaan si kecil sebelum saat diberikan obat terlebih type antibiotik. Pemberian obat pada bayi atau anak di bawah 2 th. mesti dikerjakan dengan ekstra hati-hati serta mesti dalam pengawasan pakar.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × three =