7 Makanan Otak Untuk Anak Usia Pertumbuhan

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan otak anak pada usia pertumbuhannya, dari saat mulai mengkonsumsi makanan (usia 1 tahunan) hingga masa sekolah. Salah satu yang terpenting adalah makanan. Kami menyebut jenis makanan yang baik untuk perkembangan otak sebagai ‘makanan otak’ yang akan dibahas satu per satu dalam posting kali ini.

7 Makanan Otak Untuk Anak Usia Pertumbuhan

1. Telur
Telur kaya akan protein yang mengandung kolin, omega 3, seng dan lutein. Seluruh zat tersebut akan membantu meningkatkan daya konsentrasi. Salah satu cara menyajikan telur yang baik adalah dengan membuat scramble egg sebagai menu sarapan. Telur yang tidak digoreng akan lebih sehat bagi anak dibandingkan dengan telur goreng.

2. Yogurt
Yogurt terbaik adalah Greek Yogurt yang mengandung banyak protein. Jenis yogurt ini dipercaya dapat meningkatkan fleksibilitas membran sel otak sehingga anak lebih cepat mengirimkan dan menerima informasi. Sajikan yogurt dengan tambahan coklat atau sereal untuk menambah citarasa.

3. Sayuran Hijau
Sayuran hijau kaya akan asam folat dan vitamin. Salah satu yang terbaik adalah bayam. Masaklah bayam menjadi sup yang bening dan tidak berminyak. Pastikan sayuran hijau dimasak tidak overcook untuk menjaga nutrisinya dan sebaiknya segera dikonsumsi sesaat setelah diolah.

4. Ikan
Lemak alami ikan mengandung vitamin D dan omega 3 yang melindungi otak dan melawan keterlambatan kemampuan kognitif anak. Daya ingat juga akan meningkat dengan nutrisi ini. Beberapa ikan yang direkomendasikan adalah salmon, tuna, sarden yang kaya omega 3.

5. Kacang-kacangan
Kacang dipercaya dapat memperbaiki mood dan membuat sistem tubuh lebih gembira. Kacang juga kaya akan asam folat, vitamin E dan selenium.

6. Oatmeal
Oatmeal memiliki fungsi untuk jantung dan aliran darah yang lancar. Sebuah studi menunjukkan anak yang mengkonsumsi oatmeal setiap hari akan memiliki memory yang baik.

7. Apel & Plums
Buah apel dan plums merupakan jenis buah yang kaya akan antioksidan dan melawan keterlambatan skill kognitif pada anak.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − five =