Cara Alami Mengatasi Darah Rendah Saat Hamil

Darah rendah atau hipotensi merupakan keluhan umum yang terjadi pada kehamilan. Biasanya, semakin tua usia kehamilan, maka resiko darah rendah pun akan meningkat. Darah rendah pada ibu hamil dapat berbentuk 2 kondisi : tekanan darah rendah dan anemia. Pada posting kali ini, kita akan membahas kedua kondisi tersebut beserta cara alami untuk mengatasinya.

Cara Alami Mengatasi Darah Rendah Saat Hamil

Tekanan Darah Rendah
Tekanan darah pada orang dewasa normal adalah 80/120 mmHg. Jika tekanan darah lebih kecil dari 90 mmHg (batas atas) dan 60 mmHg (batas bawah), maka orang tersebut mengalami tekanan darah rendah. Gejala tekanan darah rendah cukup khas, yaitu pusing, lemas dan lemah. Ibu hamil memiliki tekanan darah rendah karena pengaruh hormonal dan pembuluh darah yang melebar.

Anemia
Kekurangan darah atau anemia biasanya terjadi pada ibu hamil yang mengalami muntah dan mual selama hamil. Pada keadaan tersebut, Hb pada darah akan menurun sehingga menyebabkan anemia. Gejala anemia pada ibu hamil mirip dengan tekanan darah rendah, yaitu cepat lelah dan letih.

Penanganan Darah Rendah Saat Hamil
Jika kedua kondisi tersebut diatas tidak segera diatasi, berbagai resiko buruk dapat menghampiri ibu dan janin. Seperti yang kita tahu, justru ketika hamil, tubuh memerlukan produksi darah yang lebih besar dibandingkan saat normal karena janin membutuhkannya untuk proses tumbuh kembang yang ideal. Untuk mengatasinya, ibu hamil dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan alami yang mengandung Zat besi, asam folat, vitamin B12.

Zat Besi : Sayuran hijau kaya akan zat besi, seperti misalnya bayam, kangkung, kacang panjang dan lain sebagainya.
Kacang-kacangan : Hampir seluruh jenis kacang berfungsi meningkatkan tekanan darah, seperti kacang merah, kacang polong, kacang hijau.
Air Putih : meski terlihat sepele, ibu hamil yang kekurangan minum dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi rendah. Ibu hamil harus minum setidaknya 9 gelas air putih sehari.
Hati Ayam : selain ayam, beberapa hewan yang hatinya dapat dikonsumsi dapat dipilih sebagai menu harian ibu hamil. Perhatikan cara masak dan suhu masak agar nutrisi hati dapat diperoleh dengan baik tanpa resiko kesehatan lainnya.
– Jika perlu, Andal dapat menambahkan suplemen ibu hamil atas petunjuk dokter yang kaya akan 3 zat tersebut diatas.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 20 =