Posisi Tidur Ideal Bagi Ibu Hamil

Jika Anda mengalami kebingungan dalam menentukan posisi tidur ketika baru saja mengkonfimasi kehamilan Anda, maka Anda tidaklah sendirian. Faktanya, ada banyak sekali ibu hamil yang bertanya-tanya tentang posisi tidur yang baik selama kehamilan berlangsung, bahkan ketika perut ibu hamil sama sekali masih belum terlihat.

Posisi Tidur Ideal Bagi Ibu Hamil

Pada dasarnya, semua Ibu hamil memang memiliki naluri yang kuat untuk melindungi janin yang dikandungnya. Aktivitas tidur yang mendominasi lebih dari 30% persen waktu seharian tentu saja menjadi perhatian penting si ibu.

Nah, sebelum Anda bertanya-tanya, berikut beberapa posisi tidur dan hubungannya dengan kehamilan :

1. Posisi tidur tengkurap.
Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk tidur tengkurap, apalagi jika usia kehamilan masih sangat muda dimana perubahan perut belum terjadi. Meski begitu, tentu saja ibu hamil dengan perut yang membesar tidak disarankan untuk tidur tengkurap karena akan menekan janin dalam perut. Lagipula, tidur tengkurap ketika hamil besar akan membuat ibu merasa tidak nyaman. Posisi tidur tengkurap sebaiknya tidak dilakukan ketika kehamilan mulai tampak.

2. Posisi tidur terlentang.
Tidur terlentang dianjurkan bagi ibu hamil trimester 2 dan 3 karena dapat mengurangi resiko pada janin dan gangguan pada tulang belakang. Jika tidur pada posisi ini, pastikan ibu menggunakan bantal penyangga yang cukup tinggi pada leher agar tidak mengalami kesulitan bernafas. Meski dianjurkan, Ibu hamil dengan masalah tekanan darah tinggi sebaiknya tidak tidur terlentang.

ibu hamil posisi tidur terlentang

3. Posisi tidur miring
Selain posisi terlentang, ibu hamil dapat tidur miring ke kanan dan kiri dengan bebas. Derajat kemiringan pun bebas-bebas saja, dari miring sedikit hingga sangat miring selama tidak menekan perut terlalu kuat. Berganti-ganti posisi akan membuat beban rahim bersandar pada sisi lain tubuh yang mengurangi pegal dan kelelahan otot. Jika tidur miring, ibu hamil dapat menggunakan guling untuk menahan kaki.

ibu hamil posisi tidur miring

Kesimpulan
Pada dasarnya, posisi tidur ideal bagi ibu hamil adalah posisi yang tidak membebani rahim, menekan dan menjepitnya. Posisi tidur ideal adalah posisi yang seimbang antara terlentang dan miring kanan-kiri secara bergantian untuk mengurangi kelelahan otot menyangga berat rahim.

Selain posisi tidur yang dapat berlangsung secara alami, ibu hamil sebaiknya juga memperhatikan bantal, selimut, kasur dan suasana kamar yang nyaman untuk mendukung tidur yang berkualitas.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 11 =