Ibu Hamil & Sepeda Motor

Sepeda motor kini menjadi tren masyarakat perkotaaan. Harganya yang terjangkau, plus program cicilan ringan telah menjadikannya diminati masyarakat, terutama keluarga muda menengah dan menengah kebawah. Beramai-ramai pengguna kendaraan umum pun beralih ke motor. Tak hanya laki-kali, kaum hawa yang mengendarai motor pun sudah sangat banyak jumlahnya.

Ibu Hamil & Sepeda Motor

Masalah datang ketika pengendara wanita atau pengguna motor yang dibonceng dalam keadaan hamil. Pertanyaan yang kerap muncul : amankah ibu hamil mengendarai atau naik sepeda motor?

Untuk menjawab pertanyaan ini, berbagai kondisi dan situasi harus disimak lebih mendalam. Secara umum, ibu hamil memang tidak dilarang mengendarai motor. Tetapi, pada beberapa kondisi, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk tidak naik motor. Dibandingkan kendaraan roda empat, motor memiliki berbagai perbedaan seperti posisi duduk dan bahaya yang ditimbulkan.

Berikut beberapa hal mengenai ibu hamil dan motor yang dapat Anda jadikan bahan referensi :
– Hindari Goncangan. Sepeda motor pada jalan jelek dan berlubang akan mengakibatkan guncangan yang hebat bagi pengendaranya. Padahal, guncangan sedapat mungkin harus dihindari selama hamil. Sebaiknya, ibu hamil memilih jalan yang mulus, pelan-pelan dan sedapat mungkin mengnindari jalan rusak.
– Bahaya Kecelakaan Bumil & Janin. Suka tidak suka, faktanya angka kecelakaan kendaraan bermotor roda dua ini cukup tinggi dengan resiko yang membahayakan. Jika mobil tertabrak hanya menyisakan penyok, maka kecelakaan motor pada umumnya akan melibatkan singgungan fisik, posisi terjatuh, benturan dan lain sebagainya. Kondisi-kondisi tersebut sangat membahayakn ibu hamil dan janin yang dikandung. Tipsnya, lagi-lagi kehati-hatian harus ditingkatkan.
– Waktu Tidak Tepat. Ibu hamil sebaiknya memilih moda angkutan selain motor pada trimeseter pertama kehamilan dan bulan terakhir kehamilan. Hal buruk yang terjadi pada trimester pertama kehamilan di jalan raya dapat menyebabkan keguguran. Sementara yang terjadi menjelang persalinan dapat menyebabkan kelahiran prematur.
– Jika Mendesak. Tentu saja tidak ada yang bisa melarang Anda untuk naik motor. Jika kondisi memang mengharuskan ibu hamil naik motor, pilihan untuk menjadi penumpang (duduk menyamping) dengan pengendara yang ahli merupakan hal yang harus diupayakan. Pastikan ibu hamil menggunakan berbagai alat pengaman seperti helm dan masker.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =