Fakta Bahaya Rokok Selama Hamil

Wanita yang memiliki kebiasaan merokok dan melanjutkannya ketika hamil kemungkinan besar akan mengalami berbagai macam tekanan sosial yang berat. Dokter tentu saja akan menyarankan Anda untuk berhenti merokok setidaknya selama kehamilan berlangsung. Jika bisa berhenti selamanya, tentu saja itu akan lebih baik lagi.

Fakta Bahaya Rokok Selama Hamil

Anda pasti sering mendengar berbagai fakta keburukan rokok bagi kesehatan, bukan? Ya, tentu saja, merokok juga membahayakan janin yang dikandung dalam berbagai macam cara. Zat kimia berbahaya dari rokok akan mengkontaminasi janin dan menghalangi suplai oksigen yang dibutuhkan janin. Ibu hamil yang merokok akan memiliki resiko melahirkan lebih cepat dan janin yang kekurangan bobot tubuh.

Bayi yang lahir dengan berat tubuh kurang memiliki peluang besar untuk mengalami masalah pernafasan, infeksi kuman dan kebutuhan meningkatkan berat badannya. Kebanyakan, bayi jenis ini harus menghabiskan waktunya di NICU sebelum diperbolehkan pulang.

Efek Merokok Pada Ibu Hamil
Anda mungkin merokok untuk menghadapi stres, padahal setiap rokok justru akan meingkatkan stres pada tubuh. Wanita perokok memiliki resiko kesehatan yang lebih tinggi ketika sedang hamil dibandingkan bukan perokok. Yang terbaik adalah berhenti sebelum hamil atau minimal selama hamil berlangsung.

Ibu Hamil Perokok Pasif
Jika bukan Anda, rokok yang dihisap oleh pasangan atau orang yang berada di sekitar merupakan hal yang juga harus diwaspadai. Ibu hamil perokok pasif memiliki resiko 20% mengalami masalah bobot janin.

Ibu hamil harus melindungi janin dari asap rokok bahkan hingga bayi dilahirkan. Bayi yang terekpos asap rokok memiliki kecenderungan mengalami kematian mendadak (SIDS), resiko yang juga terjadi pada bayi yang tidur tengkurap.

Tidak ada level aman bagi perokok pasif sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan lingungan selama hamil. Jika pasangan atau anggota rumah merokok, ingatkan dengan keras agar merokok di luar ruangan sehingga asap benar-benar tidak menghampiri Anda.

Rumah dan kendaraan merupakan area yang harus bebas asap rokok. Pada lingkungan diluar rumah, pastikan Anda tidak berada di sekitar orang yang sedang merokok.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 5 =