Pengertian Induksi Menjelang Kelahiran

Jika dokter memiliki fokus tertentu terhadap kesehatan bumil atau bayi dalam kandungan menjelang hari lahir (due date), ia kemungkinan besar akan menyarankan untuk mempercepat proses persalinan. Hal ini diistilahkan sebagai induksi hamil (inducing labor). Dibandingkan menunggu bayi lahir secara alamiah, dokter akan menggunakan obat-obatan dan prosedur khusus untuk mempercepat persalinan.

Pengertian Induksi Menjelang Kelahiran

Induksi dapat menjadi pilihan yang baik bagi berbagai macam kasus, tentu dengan resiko-resiko tersendiri. Beberapa ahli memiliki pendapat bahwa sebaiknya induksi dihindarkan sehingga kelahiran terjadi secara alami, kecuali ada alasan medis yang jelas.

Mengapa Induksi Dilakukan?
Induksi merupakan hal yang sangat umum. 1 dari 4 ibu hamil melahirkan dengan proses induksi yang dilakukan sebelumnya. Kebanyakan induksi dilakukan karena alasan medis meski ada juga proses induksi yang dilakukan untuk kenyamanan dan kepentingan non-medis dimana hal ini tidak disarankan.

Alasan Induksi Diperlukan
1. Ketika sudah 1 atau 2 minggu melewati due date (prediksi tanggal kelahiran). Setelah 41 minggu masa kehamilan, ibu dan bayi memiliki resiko kompilkasi yang besar jika tidak segera mengalami persalinan.
2. Ketuban pecah tetapi pembukaan atau kontraksi tidak bertambah. Padahal, ketika ketuban pecah, Anda dan bayi memiliki resiko tinggi mengalami infeksi.
3. Beberapa kondisi kesehatan ibu seperti diabetes, darah tinggi, preklamsia & eklampsia.
4. Tes medis menunjukkan bayi mengalami masalah seperti pertumbuhan tidak normal atau detak jantung abnormal.

Alasan Induksi Tidak Diperlukan
1. Hanya terlambat sedikit dari due date.
2. Induksi dipaksakan hanya untuk kepentingan jadwal dokter atau kekhawatiran tanpa alasan medis yang kuat.
3. Induksi yang terlampau cepat karena alasan non-medis lainnya.

Induksi Alamiah
Selain dengan obat-obatan kimia, induksi (baca : merangsang persalinan) dapat dilakukan secara alamiah di rumah. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan :
– Aktivitas seksual dengan pasangan
– Memijat puting
– Berjalan
– Meminum sesendok minyak jarak.

Semoga mencerahkan.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − eight =