Ini Caranya Supaya Anak Mau Makan Sayur

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Live Science, membuat anak doyan makan sayur bukanlah hal yang sulit apabila usianya belum genap 1 tahun. Pada periode 6-12 bulan, anak biasanya akan makan apa saja yang diberikan orangtua tanpa memilih dan memilah terlebih dahulu. Dengan membiasakan makan sayur sejak dini, anak akan akrab dengan rasa sayuran dan meneruskan pola tersebut hingga menginjak usia kanak-kanak.

Cara Supaya Anak Mau Makan Sayur

Masalahnya, banyak sekali orangtua yang terlanjur basah memberikan sayuran ketika usia anak sudah diatas 1 tahun dimana mereka telah mahir menolak. Pada usia tersebut pun, biasanya anak tak lagi mau bereksperimen dengan rasa yang baru. Berbagai makanan lezat non-sayuran sudah dirasakan cukup oleh lidah mereka. Rasa sayur yang hambar, terlebih pahit, pasti tidak akan disukainya. Padahal, sayuran merupakan salah satu makanan penting bagi anak & balita agar tumbuh sehat dan kuat.

Jika hal tersebut sudah terjadi, Anda masih tetap dapat membujuk anak supaya mau makan sayur menggunakan beberapa tips, meliputi :

1. Hidangkanlah dalam bentuk yang menarik. Anak usia 1 tahun keatas sangat menyukai berbagai bentuk yang menarik dan lucu. Tampilan warna yang mencolok juga akan menarik minat anak. Anda dapat berkreasi dengan berbagai bentuk dan tampilan hidangan yang mengandung sayur.
2. Sabar. Jangan terburu-buru memaksa anak makan sayur. Mereka membutuhkan waktu untuk mengenali rasa baru apalagi rasa sayuran yang cenderung ‘aneh’. Jika percobaan pertama gagal, lakukan kembali bujuk rayu berikutnya secara terus-menerus hingga anak mau mencoba dan terbiasa melakukannya.
3. Komunikasi. Bagi anak berusia 1 tahun keatas (hingga masa kanak-kanak) yang sudah dapat berkomunikasi secara verbal, menyampaikan maksud baik Anda memberikan sayuran merupakan cara yang paling efektif untuk membuatnya mengerti. Komunikasi yang intens disertai contoh-contoh tentang tubuh yang sehat dan yang sakit karena kurang asupan sayuran serta berbagai kegunaan sayuran, seperti wortel yang baik untuk mata akan membuatnya mengerti secara bertahap.
4. Berikan Pujian. Anak-anak yang mengembangkan dirinya dan berusaha untuk makan sayuran meski sedikit perlu mendapatkan pujian dari Anda. Rasa bangga yang timbul padanya akan membuatnya berusaha lebih keras lagi untuk memakan sayuran. Sebaliknya, jika anak masih enggan makan sayuran, maka Anda perlu memberikan pengertian kembali. Memarahi apalagi memukul merupakan cara yang sama sekali tidak boleh Anda tempuh.

Jika tips diatas tak berhasil juga, Anda mungkin bisa memberikan anak suplemen sayur dan buah yang tersedia di apotik untuk mencukupi kebutuhannya akan serat dan nutrisi dari sayur-mayur. Sementara itu, biarkan anak bertumbuh dan belajar kembali untuk makan sayuran dengan hati yang riang. Tentu saja, Anda tidak boleh berhenti untuk terus berusaha memberinya sayuran setiap hari.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − one =