Pahami Lapisan Putih Pada Lidah Bayi & Balita

Jika Anda mendapati bayi Anda memiliki lidah berwarna putih, jangan buru-buru panik karena kondisi tersebut umum dialami oleh bayi di seluruh dunia dan biasanya tidak berbahaya. Beberapa anggapan yang mengait-kaitkan lapisan putih pada lidah dengan oral candidiasis juga tidak sepenuhnya benar. Sebab, candida mulut biasanya memiliki penampakan yang jauh lebih mengerikan karena juga menjangkiti area mulut hingga langit-langit.

lidah putih pada bayi

Lagipula, oral candidiasis ringan pada bayi (jika memang itu penyebabnya) merupakan penyakit yang cukup lemah yang akan sembuh dengan sendirinya tanpa obat sama sekali. Jamur memang menjadi penyebab paling sering yang mengakibatkan lidah berwarna putih. Pencetusnya tak lain dan tak bukan adalah kebersihan rongga mulut yang kurang dijaga. Sementara itu, susu juga dapat menyebabkan lidah berwarna putih ketika terdapat endapan yang tidak sepenuhnya larut dan ‘nyangkut’ di lidah.

Solusi Lapisan Putih Pada Lidah
Anda tidak perlu segera menghilangkan lapisan putih pada lidah anak secara ‘serta-merta’ yang boleh jadi jutru dapat melukai lapisan lidah bayi dan menyebabkan komplikasi lainnya. Dengan menjaga kebersihan makan, minum dan rongga mulut, secara otomatis lapisan putih pada lidah akan menghilang dengan sendiri. Pada balita yang sudah cukup dewasa, membiasakan menggosok gigi dan membersihkan rongga mulut setelah makan dan minum merupakan cara yang dapat ditempuh.

Jika memang ingin menghilangkan lapisan putih tersebut, Anda dapat menggunakan kain kasa yang lembut. Gosokkan secara perlahan pada permukaan lidah. Untuk memudahkan pekerjaan, Anda dapat mencelupkan kasa ke teh manis hangat terlebih dahulu agar rasanya manis sehingga bayi tidak rewel ketika dibersihkan. Harap perhatikan frekuensi ‘bersih-bersih’ agar tidak terlalu berlebihan yang dapat menyebabkan lidah menjadi lecet. Hindari penggunaan pembersih lidah orang dewasa yang banyak dijual karena rentan melukai lidah anak.

Gejala Penyakit Lain
Lidah berwarna putih pada bayi yang disertai gejala-gejala lain seperti demam, lemas, pembengkakan pada area mulut, tidak nafsu makan dan gejala spesifik lainnya bisa menjadi gejala penyakit yang lebih berat. Pada demam tifoid, lidah berwarna putih kerap ditemukan sebagai gejala yang khas. Begitu pula dengan beberapa jenis flu. Anda perlu memperhatikan kondisi bayi secara keseluruhan guna memastikan penyebab lapisan putih pada lidah. Jika kondisi terlihat tidak baik, segera konsultasikan kondisi bayi Anda kepada dokter.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 1 =