Mitos & Fakta Batuk Berdahak Pada Anak

Batuk berdahak yang pada umumnya disebabkan oleh virus dan kerap berbarengan dengan influenza, sakit tenggorokan dan sesak nafas ringan merupakan penyakit yang acapkali dialami oleh anak. Pada orang dewasa, bisa jadi batuk berdahak merupakan persoalan sepele karena dapat diatasi dengan obat batuk biasa, ketika dahak keluar pun kita dapat dengan mudah mengeluarkan dan membuangnya. Berbeda dengan anak dan balita yang tidak bisa mengeluarkan dahaknya ketika batuk terjadi.

batuk berdahak pada anak

Mitos Seputar Dahak
Dahak tak harus selalu dikeluarkan agar ‘hilang’. Anak yang kerap menelan kembali dahak yang keluar ketika batuk terjadi juga tidak sepenuhnya salah. Faktanya, dahak tetap dapat hilang dengan dikeluarkan dan ditelan kembali karena dapat dikeluarkan secara alami melalui pencernaan. Anda tidak perlu memaksa anak untuk mengeluarkan dahak apabila ia belum mampu melakukannya karena tanpa dikeluarkan pun anak dapat sembuh dari batuk berdahak dengan cepat apabila diobati dengan tepat.

Dahak sendiri merupakan mekanisme alami dari tubuh untuk menangkal serangan dari luar yang menginfeksi tubuh. Secara otomatis, tubuh akan memproduksi dahak untuk melawan virus. Sementara itu, batuk juga merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan dahak yang diproduksi.

Mitos Seputar Batuk Berdahak
85% Batuk berdahak disebabkan oleh virus sehingga tidak diperlukan antibiotik. Batuk berdahak dengan kondisi yang ‘normal’ tanpa gejala-gejala lain yang mengkhawatirkan hanya membutuhkan obat batuk yang banyak dijual secara bebas di apotik atau obat-obatan alami & herbal. Selain itu, orangtua dapat memberikan air putih hangat untuk meredakan batuk dan sedapat mungkin menghindarkan anak dari makanan minuman dingin untuk sementara. Makanan dan minuman yang memicu tenggorokan gatal seperti kacang dan minuman manis juga sebaiknya distop sementara hingga batuk benar-benar sembuh.

Batuk berdahak yang disebabkan oleh bakteri biasanya memberikan gejala yang lebih parah disertai dengan beberapa komplikasi lain yang cukup merepotkan. Jika hal tersbeut terjadi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan darah anak agar mendapatkan terapi antibiotik yang sesuai.

Fakta Seputar Batuk Berdahak Yang Wajib diketahui :
– Hampir semua batuk berdahak disebabkan oleh virus sehingga tidak membutuhkan antibiotik.
– Mengembalikan kebugaran anak dengan asupan makanan bergizi dan istirahat yang cukup dapat menolong proses penyembuhan semakin cepat.
– Obat batuk berdahak modern dan tradisional bermanfaat untuk meredakan gejala batuk dan mempercepat proses penyembuhan. Obat batuk yang biasanya menyebabkan kantuk juga bisa membantu anak agar beristirahat lebih lama.
– Dahak tak harus selalu dikeluarkan. Pada anak dan bayi yang belum bisa mengeluarkan dahak, maka pemberian air hangat dapat ‘meluruhkan’ dahak. Dahak dapat dibuang melalui organ pencernaan anak secara alami.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 16 =