Studi : Makan Kacang Ketika Hamil Dapat Mencegah Alergi Pada Anak

Baru-baru ini, sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang makan kacang selama kehamilan (dan yang tidak allergi kacang) akan melahirkan anak yang lebih kebal terhadap alergi. Seorang professor dari Harvard Medical, Dr. Michael Young telah menghimpun data dari lebh 8200 anak yang dilahirkan dari ibu yang mengikuti penelitian Health Study II.

Kacang tanah

Berdasarkan data tersebut, sekitar 300 bayi memiliki alergi makanan, dimana 140 alergi terhadap kacang-kacangan. Riset menunjukkan, ibu yang makan banyak kacang selama hamil (5x atau lebih dalam seminggu) akan memiliki anak yang tidak alergi terhadap jenis kacang-kacangan yang dikonsumsi ibunya.

Berdasarkan data, angka kejadian anak di Amerika Serikat dengan alergi kacang telah meningkat lebih dari 3x, dari 0.4% pada tahun 1997 menjadi 1.4% pada 2010. Menurut Dr. Ruchi Gupta, seorang professor dari Universitas Nortwestern, alergi makanan telah menjadi wabah dan fenomena. Saat ini, sebanyak 8% anak-anak di AS menderita alergi makanan.

Fenomena wabah alergi makanan pada anak belum bisa dijelaskan secara ilmiah. Disinyalir kejadian tersebut diakibatkan oleh faktor genetik dan perubahan lingkungan.

Kacang & Kehamilan
Meski terbukti secara empiris, fakta bahwa konsumsi kacang selama hamil yang dapat menurunkan resiko alergi pada anak masih belum dapat dijelaskan secara ilmiah. Dengan demikian, anjuran untuk makan kacang dan jumlah yang direkomendasikan masih belum dapat ditentukan hingga saat ini.

Tetapi, tentu saja tidak ada salahnya bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi kacang atau makanan lain yang memiliki potensi alergi untuk mengembangkan ketahanan tubuh janin dari reaksi alergi di kemudian hari.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + thirteen =