Ah, Senangnya Melihat Anak Bisa Makan Sendiri

Anda mungkin tak menyangka jika buah hati Anda kini sudah besar dan siap untuk mempelajari berbagai macam hal. Selain berjalan, berbicara dan mulai mampu memaksakan kehendaknya, makan merupakan salah satu aktivitas harian yang dapat dipelajari oleh bayi sejak dini. Pada usia sekitar 9 bulan, bayi sudah mulai bisa diajarkan makan sendiri menggunakan beberapa peralatan makan mungil miliknya. Selain meningkatkan kemampuan motoriknya, membiarkan anak ‘bersenang-senang’ dengan makan sendiri juga cukup ampuh mengatasi anak yang susah makan.

anak belajar makan sendiri

Makan Sendiri Usia Dini
Pada usia yang amat dini, tentu saja aktivitas makan sendiri bayi perlu mendapatkan perhatian intens dari orangtua. Pada kebanyakan kasus, bahkan bayi lebih banyak bermain ketimbang makan sehingga Anda harus tetap menyuapi makanan kepada anak seperti biasa.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anak makan sendiri adalah :
– Tekankan pada makan & bukan main. Setiap kali bayi Anda memainkan makanannya, berilah pengertian bahwa Anda menginginkannya untuk makan dan bukan bermain. Meski demikian, ia tentu saja boleh bermain selama aktivitas makan tepat paling utama.
– Arahkan dan Beri contoh. Ajari anak Anda memegang sendok dan peralatan makan setepat mungkin. Sendoklah makanan dan arahkan makanan tersebut kepada mulutnya hingga is tahu apa yang seharusnya dilakukan. Jika perlu, berilah contoh makan yang baik agar ia dapat menirunya. Beberapa yel-yel dan sorak-sorai ketika anak berhasil makan akan membuatnya menjadi lebih bersemangat.
– Perhatikan & Perhatikan. Membiarkan bayi berusia kurang dari 2 tahun makan sendiri tanpa pengawasan adalah hal yang sangat buruk. Beberapa resiko seperti tersedak atau insiden dari alat makan dapat saja terjadi dengan cepat dan tak jarang membahayakan jiwa. Tak ada alasan lain, selalu perhatikan anak Anda tanpa lengah sedikit pun ketika ia sedang belajar makan sendiri.

Makan Sendiri Secara Mandiri
Beranjak dewasa, koordinasi fisik dan pengetahuan anak akan semakin matang. Beberapa kesalahan yang dilakukan ketika ia masih bayi perlahan-lahan tak lagi dilakukannya. Anak akan tahu apa yang harus dilakukannya ketika berbagai peralatan makan dan makanan terpampang di hadapannya.

Usahakan agar aktivitas makan selalu menjadi momen yang menyenangkan bagi anak. Berbagai variasi menu atau tambahan pernak-pernik yang lucu dapat meningkatkan semangat anak untuk makan dengan lahap. Ajarkan anak Anda untuk menghargai makanan dan proses makan. Beritahu bahwa makanan yang sehat dan cukup akan membuat tubuhnya menjadi lebih kuat dan lekas besar.

Semoga Bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − one =