Bolehkah Ibu Hamil Makan Sambal?

Tentu saja boleh, meski kadar sambal dan tingkat kepedasan sebaiknya tidak terlalu hebat. Freskuensinya pun sebaiknya tidak terlampau sering selayaknya ketika tidak sedang hamil. Sambal memang lezat apalagi bagi yang memang menyukainya. Selain menggugah selera makan, sambal juga memberikan sensasi makan yang lain dari biasanya. Tetapi, bahkan pada kondisi normal pun, konsumsi sambal berlebih dan terlampau pedas dapat membuat perut melilit dan mencret-mencret.

ibu hamil makan sambal

Pada ibu yang berbadan dua (baca : hamil), dehidrasi akibat diare dan mencret-mencret yang ditimbulkan oleh pedasnya sambal tentu saja memberikan efek samping yang merugikan. Selain menyakiti ibu, janin dalam kandungan bisa juga ikut dehidrasi atau malah kekurangan mikronutrisi.

Mitos Makan Sambal & Bayi Botak
Selain faktor medis, sebagian kalangan dalam masyarakat mempercayai mitos bahwa makan sambal selama hamil dapat membuat bayi botak dan memiliki masalah dengan pertumbuhan rambut. Sebagai mitos, tentu saja tidak ada penjelasan logis yang bisa diberikan untuk hal tersebut. Anda boleh percaya dan boleh juga tidak.

Namun demikian, larangan makan sambal bagi ibu hamil tidaklah sepenting larangan memakan daging yang tidak matang. Sebab sambal terbukti tidak membahayakan janin secara langsung, sementara daging mentah memberikan resiko buruk pertumbuhan janin yang sangat mengerikan.

Kesimpulan
Makanlah sambal secukupnya saja, sebagaimana Anda mengkonsumsi kopi seperlunya ketika hamil. Berkonsentrasi pada berbagai jenis menu sehat tentu saja menjadi prioritas dibandingkan dengan memanjakan mulut dengan aneka sambal pedas yang boleh jadi membuat perut sakit.

Menentukan prioritas makan juga bisa menjadi hal yang dapat dilakukan. Jika ibu tidak berselera makan dan sambal dapat merangsang selera itu, maka makan dengan sambal (secukupnya) tentu saja lebih baik daripada tidak makan sama sekali.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 15 =