Pentingnya Vitamin & Suplemen Pada Saat Hamil

Ketika Anda telah positif hamil, tentu saja berbagai upaya dan strategi harus dilakukan. Menjaga kesehatan, menghindari asap rokok, alkohol dan tidak terlampau lelah merupakan pola hidup yang harus Anda jalani setiap hari. Hal lain yang tak kalah penting adalah mengkonsumsi vitamin & suplemen yang dianjurkan oleh dokter yang memeriksa kehamilan awal Anda.

Pentingnya Vitamin & Suplemen Pada Saat Hamil

Meski di atas kertas hampir seluruh nutrisi yang diperlukan tubuh selama hamil dapat Anda peroleh dari berbagai jenis makanan dan minuman sehat, faktanya tak semua ibu hamil dapat mencukupi kebutuhan tersebut hanya dari makanan dan minuman saja. Suplemen hamil mengandung berbagai macam vitamin & mineral, yang terpenting adalah asam folat, kalsium dan zat besi.

Asam Folat
Juga disebut folic acid merupakan zat yang paling penting selama hamil bagi perkembangan otak bayi. Asam folat bahkan dianjurkan ketika seorang ibu merencanakan promil (program hamil) bersama pasangan. Takaran yang direkomendasikan adalah sebanyak 400 mg setiap hari, dimulai dari masa program hamil hingga kehamilan mencapai usia 12 minggu.

Studi menyebutkan bahwa ibu yang mengkonsumsi asam folat dalam dosis besar (lebih dari 4000mg) setidaknya 1 bulan sebelum hamil dan selama trimester pertama kehamilan akan memberikan berbagai benefit lebih bagi janin yang dikandung.

Jika Anda ingin mendapatkan asam folat dari sumber alami, Anda mungkin dapat mengkonsumsi sayuran hijau, kacang, buncis dan buah citrus. Meski demikian, untuk dosis yang cukup, ibu sebaiknya mengkonsumsi asam folat yang berbentuk suplemen. Sebuah fakta menyebutkan bahwa beredar mitos di masyarakat bahwa asam folat merangsang kehamilan lebih cepat pada ibu yang sedang melakukan program hamil. Mitos ini belum jelas kebenarannya.

Berikut merupakan beberapa komposisi vitamin & suplemen kehamilan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil setiap hari setidaknya pada trimester pertama:
– 400 micrograms (mcg) folic acid.
– 400 IU vitamin D.
– 200 to 300 milligrams (mg) Kalsium.
– 70 mg vitamin C.
– 3 mg thiamine.
– 2 mg riboflavin.
– 20 mg niacin.
– 6 mcg vitamin B12.
– 10 mg vitamin E.
– 15 mg zinc.
– 17 mg Zat besi.

Pada beberapa kasus kehamilan yang tidak biasa, dokter akan memberikan beberapa suplemen tambahan sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Untuk saran dosis dan jenis yang lebih tepat, silahkan konsultasikan secara mendalam mengenai kebutuhan vitamin dan suplemen selama kehamilan yang Anda miliki.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =