Pahami Resiko Emboli Pada Persalinan

Dari sekian banyak resiko kesehatan yang dapat terjadi pada waktu melahirkan, Emboli merupakan salah satu momok yang cukup mengerikan bagi pasien dan para dokter yang menangani. Bukan apa-apa, Emboli yang tidak dapat diprediksi terjadi dalam waktu yang cepat, mendadak dan sangat mematikan. Dalam hitungan menit, jika tidak ditangani dengan segera, Emboli dapat menyebabkan kehilangan nyawa ibu yang sedang melahirkan.

Pahami Resiko Emboli Pada Persalinan

Meski demikian, Anda tentu tidak perlu khawatir berlebihan karena faktanya Emboli sangat jarang terjadi. Rasionya hanyalah 1:80.000, artinya 1 kali dari setiap 80.000 kelahiran yang terjadi di seluruh dunia. Meski resiko Emboli lebih besar pada persalinan caesar, tak tertutup kemungkinan Emboli juga dapat terjadi pada proses persalinan normal. Apa pun itu, semua jenis persalinan memiliki resiko sehingga Anda tak perlu buru-buru membatalkan persiapan melahirkan caesar yang sudah Anda rencanakan.

Berikut beberapa faktor resiko Emboli :
1. Kelahiran melalui bedah caesar
2. Persalinan dengan instrument atau induksi
3. Pendarahan
4. Gawat janin
5. Usia ibu yang sudah tua

Berdasarkan penyebabnya, Emboli terdiri dari 2 macam, yaitu Emboli udara dan Emboli air ketuban. Keduanya sama berbahaya dan mematikan. Gejala paling umum dari Emboli adalah sesak napas, tekanan darah menurun, dan mendadak hilang kesadaran. Hampir 90% ibu yang mengalami emboli akan berakhir dengan kematian.

Kesimpulan
Kehamilan yang sehat dengan memperhatikan berbagai resiko tinggi mengandung merupakan salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya resiko Emboli. Pemilihan rumah bersalin, tenaga dokter maupun bidan yang berpengalaman juga merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya kesalahan prosedural dalam persalinan yang mungkin saja menyebabkan Emboli. Juga, ibu hamil dan keluarga perlu waspada dan senantiasa siaga menjelang persalinan agar dapat segera dibawa ke rumah bersalin terdekat ketika kelahiran sudah di depan mata.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 15 =