5 Manfaat Konsumsi Madu Untuk Ibu Hamil

Madu merupakan anugerah dari alam yang memiliki banyak manfaat. Khasiat baik dari madu untuk kesehatan dan vitalitas telah dikenal luas oleh masyarakat selama ribuan tahun. Sebagai sumber alami yang diperoleh dari nektar bunga, madu mengandung berbagai macam zat yang berguna bagi tubuh manusia seperti gula, chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.

manfaat madu untuk ibu hamil

Madu merupakan antioksidan yang sangat kuat sebagai agen penangkal radikal bebas. Pada beberapa jenis madu unggulan, beberapa zat tambahan seperti royal jelly juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Demikianlah madu direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan, termasuk pada ibu hamil.

Madu Panas Untuk Tubuh?
Meski memiliki banyak kebaikan, madu ditengarai memiliki sifat panas. Kebanyakan ibu hamil takut sekaligus menghindari madu selama kehamilan berlangsung karena takut madu akan membuat panas tubuh dan memiliki efek buruk bagi janin. Padahal, sifat panas pada madu hanya akan merugikan jika konsumsi dilakukan dalam jumlah yang sangat banyak. Lagipula, dengan air putih yang cukup, panas pada madu dapat segera dinetralkan.

Manfaat konsumsi madu bagi ibu hamil dan janin
Jika Anda masih ragu, berikut 6 manfaat konsumsi madu selama kehamilan :

1. Memperkuat janin : madu terbukti dapat memperkuat janin. Beberapa jenis madu yang berasal dari tumur tengah bahkan menjadi minuman wajib bagi masyarakat setempat ketika merencanakan kehamilan.
2. Meningkatkan vitalitas : tubuh ibu hamil menjadi semakin fit dengan madu setiap hari sehingga tidak mudah sakit.
3. Tenaga Ekstra : madu merupakan sumber energi siap pakai yang mudah diolah tubuh. Ibu hamil dengan bobot tubuh yang bertambah akan mendapatkan tenaga ekstra ketika mengkonsumsi madu sehingga tak mudah capek.
4. Meningkatkan nafsu makan & menghilangkan mual : madu terbukti dapat mengurangi rasa mual selama kehamilan. Jika ibu hamil tidak doyan makan, maka madu dapat membuat nafsu makan muncul kembali.
5. Mencukupi gizi : kandungan mineral, gula, vitamin dan enzim pada madu akan mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Tips & Cara Konsumsi Madu Selama Kehamilan
Madu murni dan bukan oplosan tentu saja menjadi pilihan utama ibu hamil. Beberapa madu dalam kemasan yang terbukti asli dan terpercaya dapat menjadi pilihan ibu hamil. Hindari madu asli yang memiliki rasa yang aneh atau yang terlihat terlalu kotor.

Berikut beberapa tips konsumsi madu selama kehamilan :

– Minumlah madu 1-2 sendok makan setiap hari dan jangan berlebihan. Jika belum terbiasa, Anda boleh mulai dengan 1 sendok per hari atau per 2 hari.
– Perhatikan asupan air putih ketika mengkonsumsi madu. 1-2 gelas air putih setelah minum madu sangat dianjurkan untuk menetralkan kandungan ‘panas’ dari madu dan memperoleh semua manfaat baiknya bagi kehamilan Anda.
– Madu dapat dicampur dengan berbagai macam makanan atau minuman lain sesuai selera.
– Rutin minum madu menjelang proses persalinan akan memberikan tenaga yang diperlukan ketika ibu melakukan persalinan.

So, sudah berminat mencari madu asli di supermarket terdekat?

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + twelve =