Persiapan Lahir Batin Melahirkan Anak Pertama

Anak pertama memang istimewa. Selain menjadi calon sulung kedua orangtua, melahirkan anak pertama juga merupakan pengalaman persalinan pertama buat ibu hamil. Sebagai momen yang amat penting, tentu saja ada berbagai persiapan yang harus dilakukan. Tak hanya secara fisik dan mental, ibu hamil dan pasangan (juga keluarga besar) perlu mempersiapkan segala sesuatu secara lengkap, dari a hingga z, lahir dan batin.

persiapan melahirkan anak pertama

Nah, supaya Anda tidak bingung, pada posting kali ini kita akan memberikan panduan sekaligus melisting hal-hal yang perlu Anda persiapkan untuk kelahiran anak pertama.

1. Persiapan Fisik
Ketika memasuki usia kehamilan 6 bulan, ibu sudah dapat memepersiapkan payudara agar memproduksi ASI dengan lancar dengan cara memijatnya dengan rutin. Selain itu, olahraga ringan yang teratur dan senam hamil dapat membantu proses persalinan agar lebih lancar.

2. Persiapan Mental
Buang semua pikiran-pikiran buruk tentang proses persalinan yang mengerikan. Ibu perlu senantiasa optimis, merasa bahagia dan mempersiapkan mentalnya dengan baik menjelang proses persalinan. Sebagai referensi, ibu dapat mengkonsultasikan hal tersebut kepada orangtua, ibu mertua, teman yang lebih berpengalaman, pasangan, dokter dan pihak-pihak lain yang dapat memeberikan support positif. Berbagai buku tentang peroses persalinan juga dapat dibaca untuk menambah pengetahuan.

3. Persiapan Waktu
Ketika hampir tiba masa persalinan, ibu harus mempersiapkan waktu dan terus memantau gejala akan segera melahirkan yang dirasakan tubuh. Pasangan ataupun pihak keluarga yang akan mengantar ibu ke rumah sakit atau tempat bersalin harus senantiasa siaga. Waktu melahirkan bisa kapan saja, subuh-pagi-siang-sore-malam. Dengan bersiap-siap, kapan pun buah hati menginginkan, ibu akan senantiasa tiba di tempat bersalin tepat pada waktunya.

4. Persiapan Perlengkapan
Beberapa perlengkapan persalinan harus sudah disiapkan dalam sebuah tas khusus ketika usia kemailan sudah mencapai 7 bulan. Siapkanlah seluruh keperluan tersebut secara bertahap agar tidak terasa memberatkan. Seiring berjalannya waktu, ibu dapat menambahkan hal-hal lain yang dirasa perlu.

Berikut beberapa perlengkapan wajib untuk melahirkan :
– 3-4 set Pakaian ganti ibu (cari yang longgar dan nyaman dikenakan)
– Popok bayi
– Set pakaian bayi
– Kain sarung
– Handuk kecil dan besar
– Pembalut khusus melahirkan
– Pompa ASI
– Korset atau gurita
– Kaos kaki, satung tangan & topi bayi
– Peralatan mandi
– Selimut untuk ibu dan bayi
– dll

5. Persiapan Rumah
Ketika pulang dari tempat bersalin, bayi perlu segera ditempatkan pada rumah yang bersih dan mendukung perkembangannya. Persiapkalnlah lingkungan dan suasana rumah yang mendukung pertumbuhan bayi kecil Anda. Tempat tidur yang nyaman, bantal khusus dan perlengkapan mandi perlu Anda beli jauh-jauh hari sebelum persalinan.

6. Persiapan Materi
Seluruh proses persalinan membutuhkan biaya. Siapkanlah biaya cadangan untuk mengantisipasi hal-hal diluar perkiraan selama persalinan terjadi.

7. Persiapan Nama
Nama anak merupakan hak penuh kedua orangtua. Persiapkanlah nama yang baik untuk bayi Anda ketika seluruh persiapan lain selesai dipenuhi. Memikirkan nama bayi bisa Anda konsultasikan dengan pasangan dan orang lain yang Anda percayakan.

So, sudah siap bersalin, mimi?

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + five =