Perkembangan Janin Dalam Kandungan Setiap Bulan (1-9 mo)

Rentang periode kehamilan dapat dihitung dalam berbagai satuan waktu, yang paling umum adalah minggu, bulan dan trimester (3 bulan). Apa pun pilihan waktu yang Anda dan dokter kandungan Anda gunakan, tujuan dari perhitungan waktu kehamilan adalah untuk meletakkan patokan masa kehamilan dan perkembangan janin dalam kandungan.

perkembangan janin dalam bulan

Di Indonesia, satuan ‘bulan’ pada kehamilan lebih sering digunakan dalam keseharian meski tak jarang dokter kandungan juga memilih minggu dan trismester sebagai acuan utama dalam mengitung. Simak saja berbagai anekdot dan perbincangan mengenai kehamilan : 9 bulan 10 hari dan bukan 40 minggu atau 3 trimester, bukan? Bulan digunakan karena dianggap tidak terlalu cepat atau terlalu lama. Patokan bulan juga lebih mudah diingat dibandingkan satuan waktu yang lain.

Dalam posting ini, Anda dapat menyimak progres perkembangan janin dalam kandungan dalam bulan selama 9 bulan kehamilan. Tentu saja dimulai dari bulan pertama hingga ke-sembilan menjelang persalinan.

1 Bulan : Janin atau bayi disebut embrio yang terdiri dari 2 lapis sel yang nantinya akan berkembang menjadi organ dan bagian tubuh.
2 Bulan : Ukuran bayi adalah kira-kira sebesar sebiji kacang merah. Janin bergerak dengan konstan meski belum dapat dirasakan tubuh.
3 Bulan : Panjang bayi sekitar 7-8 cm.
4 Bulan : Panjang bayi sekitar 10-15 cm dengan berat antara 120-150 gram. Kerangka bayi mulai mengeras, dari tulang rawan hingga tulang utama.
5 Bulan : Alis dan kelopak mata janin mulai terbentuk pada posisinya. Panjang bayi biasanya sudah lebih dari 27 cm.
6 Bulan : Berat bayi sudah melebihi 0.5 kg. Permukaan kulit yang keriput secara perlahan mulai halus.
7 Bulan : Panjang bayi sudah melebihi 49 cm. Ia kini sudah dapat membuka dan menutup matanya. Kemungkinan besar bayi sudah mampu melihat sekelilingnya.
8 Bulan : Berat bayi sekitar 2-2.3 kg. Lapisan lemak akan mengelili bayi membuat bentuk yang membulat. Paru-paru telah berkembang dengan sempurna.
9 Bulan : Waktu kelahiran telah dekat. Rata-rata panjang bayi adalah 45-55 cm, dari kepala hingga ujung kaki. Berat ideal berkisar antara 2.9-3.5 kg.

Bulan ke 1 hingga 3 disebut sebagai trimester pertama kehamilan.
Bulan ke 4 hingga 6 disebut sebagai trimester kedua kehamilan.
Bulan ke 7 hingga 9 disebut sebagai trimester ketiga kehamilan.

Fungsi mengamati perkembangan janin setiap bulan
Dokter akan senantiasa memantau perkembangan bayi dari bulan ke bulan dan menyesuaikan dengan nilai acuan yang berlaku. Apabila dirasa kurang, biasanya dokter akan memberikan beberapa tambahan terapi dan anjuran. Sebaliknya, apabila perkembangan dianggap berlebihan maka dokter akan memberikan saran pola asupan yang paling baik.

Semoga bermanfaat

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =