Fungsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil kerap dianjurkan untuk minum air kelapa dengan berbagai alasan. Anda pasti pernah anjuran tersbeut dari teman, orangtua, mertua maupun pasangan, bukan? Nah daripada menebak-nebak fungsi dan manfaat air kelapa bagi ibu hamil, pada posting kali ini kita akan membahas tentang air kelapa bagi ibu hamil secara mendalam.

Fungsi Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

Kandungan Nutrisi Air Kelapa
Air kelapa merupakan salah satu anugrah dari alam yang mengandung banyak kebaikan dan manfaat nagi tubuh, tak terkecuali pada ibu hamil. Berikut beberapa kandungan baik yang terdapat dalam air kelapa :
1. Elektrolit Alami
Air kelapa mengandung elektrolit yang sangat dibutuhkan tubuh. Secara ilmiah, air kelapa terbukti mengandung zat-zat yang bermanfaat seperti kalsium, kalium, elektrolit, klorida, magnesium, riboflavin, dan natrium. Bagi ibu hamil, air kelapa dapat mencukupi kebutuhan mineral, elektrolit alami dan cairan yang sangat dibutuhkan.
2. Diuretik Alami
Air kelapa merupakan diuretik alami yang memperlancar pembuangan urin sekaligus membantu membersihkan saluran kemih. Air kelapa juga dipercaya memiliki sifat anti racun sehingga zat-zat yang tidak baik dapat disingkirkan oleh air kelapa melalui proses pembuangan alami melalui urin.
3. Pelancar Pencernaan
Ibu hamil dengan masalah buang air besar yang tidak lancar karena ketidakseimbangan hormon dapat mengatasi hal tersebut dengan air kelapa. Sifat alami air kelapa sebagai pelancar proses pencernaan dapat membantu ibu hamil yang mengalami masalah tersebut.

Saat Minum Air Kelapa Bagi Ibu Hamil
Ibu hamil dianjurkan minum air kelapa pada trimester ketiga kehamilan. Pada saat hamil muda, ibu sama sekali tidak diperbolehkan mengkonsumsi air kelapa karena dapat berakibat buruk pada janin seperti keguguran. Meski belum dibuktikan secara ilmiah, anjuran minum air kelapa hanya pada saat memasuki trimester ketiga sebaiknya diikuti saja. Jika memang ingin, konsumsi secukupnya air kelapa dipastikan aman bagi janin.

Jenis Kelapa Bagi Ibu Hamil
Dari berbagai jenis kelapa yang dianjurkan untuk diminum ibu hamil, kelapa hijau muda merupakan yang dipercaya paling baik untuk janin. Tidak ada penjelasan ilmiah untuk hal tersebut. Pada prinsipnya, air kelapa jenis apa saja, selama higenis dan bersih tentu saja dapat dan boleh diminum.

Manfaat Air Kelapa Bagi Janin
Dari berbagai manfaat kandungan nutrisi yang sudah disebutkan diatas, ada manfaat lain air kelapa bagi janin yang yelah terbukti. Beberapa diantaranya adalah :
1. Kelapa dapat membuat bayi lahir putih dan bersih.
2. Kelapa dapat memperbanyak jumlah air ketuban.

Semoga mencerahkan!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 4 =