7 Cara Alami Melancarkan ASI

Selain sayur katu yang dipercaya oleh nenek moyang sebagai makanan yang berkhasiat untuk melancarkan ASI, ada banyak sekali upaya dan cara lain yang bisa dilakukan ibu untuk melancarkan ASI sehingga mencukupi kebutuhan buah hati tercinta. Tentu saja cara alami tanpa obat dan tanpa bahan kimia menjadi pilihan utama karena tidak adanya efek samping yang diberikan.

Cara Alami Melancarkan ASI

Jika Anda ingin melancarkan ASI, berikut 7 tips yang dapat Anda ikuti :

1. Sering menyusui. Cara paling utama dan mudah untuk melancarkan produksi ASI adalah dengan sering menyusui. Semakin lama jeda waktu menyusui, apalagi hingga berhari-hari dapat membuat produksi ASI terhenti. Proses menyusui secara alami dipercaya dapat merangsang payudara ibu untuk terus memproduksi ASI secara berlimpah. Sedapat mungkin, hindari pemberian ASI melalui pompa atau cari lainnya jika memungkinkan.
2. Ganti Susu Kanan & Kiri. Kecuali ibu dengan anak kembar, pada ibu dengan satu bayi, proses menyusui dapat dikombinasikan dari satu puting payudara ke puting yang lainnya. Ibu mempunyai dua ‘pabrik’ penghasil ASI yang seharusnya dapat mencukupi kebutuhan bayi.
3. Lakukan pijat payudara setidaknya 1x per 2 hari untuk mempertahankan produksi dan kelancaran ASI. Caranya silahkan lihat gambar berikut :

pijat payudara pelancar asi

4. Penuhi Kebutuhan Nutrisi & Air. Produksi ASI sangat dipengaruhi dengan nutrisi dan air putih dan dikonsumsi ibu. Ibu tidak boleh kekurangan makanan maupun air. Ingat bahwa ASI berisikan nutrisi yang amat kaya bagi bayi tercinta. Dengan demikian, ibu membutuhkan nutrisi yang lebih untuk memepertahankan kualitas ASI dan juga bagi tubuhnya sendiri.
5. Kosongkan Payudara. Pada beberapa kondisi, ibu akan merasa ASI masih terkumpul banyak dalam payudaranya (satu atau sepasang). Jika hal tersebut terjadi, lakukan proses menyusui kepada bayi. Jika bayi sudah merasa cukup, kosongkan payudara dengan memompa ASI keluar. ASI tersebut dapat disimpan atau dibuang. Dengan mengosongkan payudara, pabrik ASI akan secara otomatis diperintah tubuh ibu untuk memproduksi ASI yang baru.
6. Jauhkan stres & beban psikis. Apa pun penyebabnya, faktor psikis sangat berpengaruh bagi ibu. Ketika ibu mengalami masalah dan stres, produksi ASI akan secara otomatis menurun dengan sendirinya. Ibu menyusui harus sehat secara jasmani dan secara mental. Ibu yang bahagia cenderung memiliki ASI yang lebih lancar.
7. Makanan pendukung. Beberapa jenis makanan dapat dikonsumsi ibu menyusui untuk menunjang kelancaran produksi ASI. Jika perlu, ibu dapat mengkonsumsi sayur katu, Fenugreek, Fennel Seed atau Blessed Thistle. Beberapa suplemen herbal yang terbukti melancarkan ASI juga dapat dikonsumsi. Yang terpting adalah hindari obat-obatan atau suplemen yang mengandung bahan kimia dan zat yang tidak diyakini manfaatnya.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =