5 Tanda Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan

Memasuki minggu terakhir kehamilan, ibu harus pandai dan jeli untuk mengamati tanda-tanda akan segera melahirkan. Meski waktu melahirkan dapat diprediksi (EDD : estimated due date) melalui peralatan medis dan observasi dokter, faktanya kelahiran dapat terjadi kapan saja pada 1-2 minggu terakhir kehamilan. Dengan mengamati tanda dan gejala yang timbul pada tubuh, ibu dapat sedini mungkin mempersiapkan proses kelahiran dan segera pergi ke rumah sakit atau bidan yang membantu proses persalinan.

Tanda Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan

Perlu diketahui bahwa tak semua tanda dan gejala yang terjadi selalu berarti kelahiran sudah akan terjadi dalam waktu dekat (kurang dari 24 jam), sebab ada intensitas dan kondisi yang harus diukur oleh ibu sebelum mengambil keputusan untuk segera meluncur ke rumah sakit.

Berikut beberapa tanda-tanda ‘pasti’ dimana ibu hamil akan segera melahirkan dan harus secepat mungkin berangkat ke rumah sakit/bidan :
1. Nyeri di selangkangan. Rasa nyeri berlangsung terus-menerus atau dalam frekuensi yang tinggi. Rasa nyeri tersebut diakibatkan oleh kepala janin yang sudah menekan ke rahim bawah ibu. Selain nyeri, kondisi mau melahirkan juga didukung oleh rasa mules, sering buang air besar & kecil, sering buang gas dan perasaan tidak enak pada perut.
2. Kontraksi terjadi setiap 10 menit. Jika awalnya kontraksi hanya berlangsung 1-2 kali sehari, 1 kali per 2 jam, 1 kali per jam, maka menjelang kelahiran ibu akan mengalami kontraksi terus-menerus. Jika sudah 10 menit sekali, segera pergi ke rumah sakit karena Anda akan segera melahirkan.
3. Flek & Pendarahan. Jika muncul flek dari warna coklat hingga berubah menjadi darah segar, tak ada alasan lagi untuk menunda pergi ke tempat persalinan.
4. Air ketuban pecah. Meski tidak dibarengi dengan tanda lain, air ketuban yang pecah duluan sebelum proses persalinan membutuhkan penanganan secepatnya dari tenaga medis. Ibu hamil dengan ketuban yang pecah harus segera melahirkan karena dapat membahayakan janin apabila hal tersebut berlangsung cukup lama. Dokter biasanya akan langsung menginduksi kehamilan atau memutuskan kelahiran secara caesar apabila diperlukan.
5. Perut mengeras dan rasa tidak nyaman lainnya. Perhatikan intensitas tanda yang terjadi. Apabila terlalu sering dan berbarengan dengan tanda yang lain, ibu hamil diprediksi akan segera melahirkan.

Tanda kelahiran akan berbeda dari satu ibu dengan ibu lainnya, juga untuk proses kelahiran satu bayi dan bayi lainnya. Apapun itu, selalu persiapkan secara dini seluruh perlengkapan yang akan dibawa pada saat bersalin agar dapat segera diangkut ketika tanda melahirkan sudah terjadi. Yang tak kalah penting adalah transportasi ke rumah sakit/bidan yang harus selalu siaga.

Selamat melahirkan!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − 3 =