Cara Mengatasi Rambut Bayi Yang Tidak Tumbuh

Apabila rambut bayi Anda tidak tumbuh dengan baik, sebagai orangtua Anda sebaiknya tidak perlu khawatir apalagi memberikan perlakuan yang berlebihan pada anak. Seperti yang tertulis pada artikel mengenai kerontokan rambut pada bayi sebelumnya, kondisi tersebut normal terjadi pada usia bayi 6 bulan pertama.

Cara Mengatasi Rambut Bayi Yang Tidak Tumbuh

Meski demikian, ada beberapa cara untuk mengatasi rambut yang tak kunjung tumbuh pada beberapa bagian kepala bayi Anda tercinta. Apabila area botak terjadi akibat posisi bayi yang terus-menerus sama pada masa yang panjang, Anda dapat mencoba merubah posisi bayi agar duduk atau tidur dengan posisi yang berbeda.

Hal lain yang tak kalah penting adalah dengan menyediakan waktu bermain dengan kedua kaki yang lebih panjang pada bayi. Tummy-time, selain dapat mengistirahatkan kepala dari tekanan kasur atau kursi, juga bermanfaat untuk perkembangan fisik bayi secara keseluruhan.

Ketika usia bayi melewati 6 bulan, tak ada salahnya membahas hal tersebut kepada dokter ketika Anda melakukan konsultasi rutin atau suntik imunisasi. Rata-rata dokter akan melakukan pengamatan dan mengatakan bahwa itu hal yang normal, atau bisa saja dokter mengamati lebih jauh kondisi rambut pada bayi dan memberikan treatment yang diperlukan.

Apabila dokter mencurigai Alopecia Areata, kemungkinan ia akan merekomendasikan Anda ke dokter ahli untuk evaluasi mendalam. Alopecia Areata bukanlah kondisi medis yang serius karena kebanyakan anak mampu mengatasinya sendiri tanpa perawatan apa pun.

Meski tidak mutlak, kebanyakan masalah pertumbuhan rambut pada bayi adalah kondisi yang berlangsung sementara. Pada usia 1 tahun, pertumbuhan rambut yang merata biasanya akan terjadi dengan sendirinya.

Minyak Kemiri
Kemiri merupakan salah satu resep nenek moyang kita yang dipercaya ampuh untuk mengatasi masalah pertumbuhan rambut. Meski tidak terlalu diperlukan, jika Anda ingin memberikan kemiri pada rambut bayi, sebaiknya hindari minyak kemiri dalam kemasan. Ramuan kemiri dapat Anda buat sendiri di rumah dari bahan alami yang terpercaya. Pemberian kemiri pun sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan karena sifatnya yang panas.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 5 =