Pengertian & Fungsi Tes TORCH

Tes laboratorium TORCH adalah sebuah tes yang mencakup pemeriksaan banyak penyakit menular yang berpengaruh buruk kepada kehamilan, dari gagal janin, cacat hingga kematian. TORCH merupakan singkatan dari Toxoplasma, Others, Cytomegalovirus, Herpes simplex virus dan Syphilis. Pada umumnya, penyakit TORCH (kecuali herpes & sifilis) tidak menunjukkan tanda-tanda gangguan kesehatan yang serius bagi penderitanya. Dengan alasan tersebut, pemeriksaan laboratorium merupakan satu-satunya cara untuk mendeteksi ada-tidaknya penyakit tersebut pada tubuh seseorang.

Pengertian & Fungsi Tes TORCH

Berikut penjelasan dari tiap-tiap penyakit tersebut berkaitan dengan kehamilan :

1. Toxoplasma (Toksoplasma) – Juga disebut toksoplamosis. Merupakan jenis parasit yang ditularkan melalui feses, kebanyakan yang paling sering menular ke manusia adalah melalui kotoran kucing. Parasit ini juga dapat ditemui di susu non-steril, daging mentah atau setengah matang. Infeksi toxo pada awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran pada janin. Jika terjadi pada trimester berikutnya, penyakit ini dapat menyebabkan infeksi serius pada mata dan penurunan mental. Ibu hamil tidak disarankan untuk berdekatan dengan kucing kecuali jika kucing tersebut diketahui sehat dan hanya mengkonsumsi makanan kucing.

Kucing merupakan satu-satunya hewan dimana parasit toxo dapat mengalami perkembangan sempurna di saluran pencernaanya. Biasanya toxo pada kucing diperoleh dari tikus.

2. Others – Lainnya, meliputi tes Parvovirus B19 dan virus varicella zoster.

3. Cytomegalovirus (CMV) – Virus yang ditularkan melalui zat yang dikeluarkan tubuh termasuk air susu dan dari hubungan seksual yang tidak aman dengan penderita. Virus ini yang terinfeksi pada kehamilan dapat menyebabkan kematian, ketulian dan keterbelakangan mental pada janin.

4. Herpes simplex virus (HSV)– Merupakan jenis virus paling umum yang menjangkiti manusia. Infeksi virus herpes dapat ditulrkan kepada bayi melalui jalan lahir. Sebagian besar penderita herpes simplex disarankan untuk melahirkan melalui operasi caesar untuk meminimalisisr resiko penularan pada bayi.

5. Syphilis (Treponema pallidum) – Di tanah air dikenal dengan sebutan ‘raja singa’. Merupakan PMS (penyakit menular seksual) yang memiliki pengaruh buruk terhadap kehamilan. Terinfeksi penyakit ini selama kehamilan dapat menyebabkan kematian mendadak setelah melahirkan.

Tes TORCH
Tes TORCH dilakukan untuk mendeteksi seluruh infeksi TORCH yang mungkin saja terjadi kepada orangtua yang berencana untuk memiliki anak. Melalui tes ini, dapat diketahui kondisi kesehatan orangtua, histori penyakit TORCH yang pernah dialami pada masa lalu untuk menentukan apakah sepasang orangtua dapat segera melaksanakan program hamil atau menjalankan terapi pengobatan terlebih dahulu.

Meski TORCH positif (satu atau lebih dari satu infeksi), penderita tetap memiliki kesempatan untuk hamil dengan normal dan sehat tanpa kendala apa pun. Satu-satunya aturan main yang harus dipatuhi hanyalah menjalankan terapi penyembuhan selama beberapa saat saja sebelum hamil.

Semoga menjelaskan!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =