Amankah Tidur Melulu Ketika Hamil?

Dengan dalih bawaan jabang bayi dalam perut, banyak ibu hamil yang kerap mengantuk sepanjang hari dan membiasakan diri untuk selalu tidur dan bermalas-malasan di ranjang. Di keluarga yang cukup cerewet, kebiasaan tersebut biasanya diprotes oleh orangtua bumil atau ibu mertua. Bahwa kebiasaan tidur berlebihan ketika hamil merupakan hal yang buruk buat kandungan adalah sesuatu yang diyakini masyarakat sejak lama.

Amankah Tidur Melulu Ketika Hamil

Tidur di pagi hari dikuatirkan dapat membuat bayi kekurangan oksigen atau kelak susah melahirkan.  Tidur melulu ketika hamil dipercaya dapat membuat bayi menjadi ‘malas’ dan berakibat pada perut yang yang lebih menggembung.

Pertanyaannya, apakah kepercayaan tersebut benar adanya?

Jawabannya tentu saja kembali kepada kondisi ibu hamil yang mempertanyakannya. Bagi beberapa ibu hamil yang memiliki kondisi tertentu, tidur lebih barangkali membawa manfaat yang baik bagi ibu. Tetapi jika kehamilan berlangsung normal tanpa kendala berarti, sebetulnya ibu hamil hanya butuh tidur dengan jumlah jam yang relatif sama dengan orang biasa. 7-9 jam tidur berkualitas setiap hari sudah cukup buat ibu hamil tergantung aktivitas dan waktu luang yang dimiliki.

Masalahnya, rata-rata ibu hamil kerap mengeluh tidak bisa tidur pada malam hari sehingga baru tertidur pada paginya, waktu dimana seharusnya ia sudah terbangun dan beraktivitas. Tidur pagi sebaiknya dihindari karena tidak baik untuk kesehatan. Orang yang tidak sedang hamil pun tidak disarankan untuk tidur pagi, terlebih untuk ibu hamil.

Jika bumil betul-betul mengantuk karena jam tidurnya tidak cukup, waktu tidur sebaiknya dialihkan ke siang hari selepas pukul 1. Usahakanlah untuk mengejar kualitas tidur dibandingkan dengan lama waktu tidur. 1-2 jam pada siang hari dirasakan sudah cukup untuk mengembalikan stamina.

Hal yang paling penting dari pola keseharian ibu hamil adalah menjaga keseimbangan, dimana tidur dan aktivitas gerak berlangsung secara harmonis. Pagi hari dipercaya menjadi waktu yang paling baik bagi ibu hamil untuk beraktivitas atau sekedar menggerak-gerakkan tubuhnya dengan berjalan-jalan atau senam hamil terutama ketika kehamilan sudah berada pada trimester terakhir.

Aktivitas yang baik biasanya mendukung pola tidur yang baik pula. So, sudahkan Anda menjaga keseimbangan keseharian Anda?

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =