5 Menu Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas

Ketika menyusui, sebagian besar nutrisi yang diterima bayi melalui air susu ibu (ASI) adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu. Dengan kata lain, apa yang dimakan oleh ibu adalah apa yang dimakan oleh bayi. Dengan demikian, seorang ibu menyusui harus menjaga ketat menu makan dan minumnya juga berupaya mempertahankan kuantitas air susu. Selain itu, ibu menyusui juga harus menjaga lingkungan dan kondisi tubuhnya agar senantiasa fit dan bebas dari infeksi kuman penyakit.

breastfeeding

Agar bayi cerdas, seluruh makanan yang dimaksudkan untuk itu tidak dikonsumsi langsung oleh bayi, melainkan melalui ibu yang kemudian disalurkan melalui air susu ibu.

Berikut 5 menu makanan ibu menyusui agar bayi cerdas :

1. Karbohidrat – Nasi, roti, kentang adalah sumber karbohidrat yang penting untuk perkembangan dan sumber energi bagi bayi. Makanan kaya karbo biasanya juga mengandung vitamin B kompleks dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.
2. Protein – Ikan merupakan sumber protein yang paling baik untuk tubuh tak terkecuali bagi si buah hati. Selain protein, ikan laut juga mengandung omega yang bagus untuk perkembangan otak dan kecerdasan intelejensia bayi.
3. Buah & Sayuran Hijau – Semua buah-buahan yang tidak berbau menyengat dapat dikombinasikan oleh ibu menyusui. Buah dapat dijadikan makanan pencuci mulut rutin setelah makan. Sementara itu, sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi menyehatkan akan membuat air susu ibu menjadi lebih segar dan ‘enak’ dikonsumsi oleh bayi. Masukkan menu sayuran pada setiap aktivitas makan ibu.
4. Kacang-kacangan – kacang tanah, kacang panjang, kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, dsb, merupakan cemilan yang sehat untuk ibu menyusui. Kandungan mineral dan vitamin yang dikandung kacang memiliki manfaat bagi tubuh. Hanya saja, sebaiknya ibu menyusui tidak mengkonsumsi kacang-kacangan secara berlebihan.
5. Susu – Semua susu dan produk olahan susu (keju, yogurt, dsb) mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Kalsium juga memiliki manfaat untuk perkembangan otak. 1-2 gelas susu setiap hari akan membuat asupan kalsium bayi menjadi cukup.

Selain makanan, ibu menyusui juga harus senantiasa menjaga asupan cairan berupa air putih minimal 10 gelas sehari. Pada prinsipnya, asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang akan mendukung perkembangan otak bayi sehingga bayi tumbuh cerdas.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × one =