Cara Membentuk Kepala Bayi Bulat Sempurna

Kepala bayi peyang adalah persoalan klasik yang senantiasa dialami setiap keluarga dengan bayinya yang beranjak dewasa. Bahkan, kepala peyang menjadi sebuah mitos dan bahan pembelajaran yang jarang dilupakan, baik oleh orangtua, mertua, atau ibu yang lebih berpengalaman. Dalam posting ini, kita akan melupakan segala macam urusan mitos, sebab faktanya Anda bisa membuat kepala bayi menjadi bulat sempurna hanya dengan menerapkan beberapa trik sederhana.

Cara Membentuk Kepala Bayi Bulat Sempurna

Perlu diketahui, sumber masalah dari bayi peyang adalah posisi tidur yang ‘tidak baik’. Bayi kerap memiringkan kepala ke satu posisi (kanan atau kiri) secara berulang. Lama-kelamaan kepala bayi akan condong ke arah yang sering ditujunya. Selain itu, beberapa faktor lain juga bisa menyebabkan kepala bayi tidak bulat sempurna seperti proses kelahiran normal dengan vacum atau tekanan dalam jalur lahir. Struktur kepala bayi yang ‘lunak’ memang mudah sekali berubah mengikuti bentuk yang menekannya.

Apa pun permasalahannya, ibu dapat membentuk kembali kepala bayi agar menjadi bulat dengan beberapa trik berikut :
1. Gunakan bantal peyang yang memang dibuat khusus untuk membentuk kepala bayi. Pastikan Anda memilih merek yang bagus dan berkualitas tinggi. Cara ini tergolong cukup efektif, meski juga terkadang tidak membuahkan hasil yang maksimal.
2. Tengkurapkan bayi. Selain menguatkan jantung, tidur dengan posisi terngkurap juga bagus untuk membentuk kepala bayi bulat secara alami. Cara ini memang tidak instan, tetapi para dokter dan ahli kesehatan merekomendasikan cara ini sebagai metode paling aman dan efektif untuk membentuk kepala bayi yang bagus.
3. Usap. Usap kepala bayi seperti ketika Anda sedang membuat bola-bola dari tepung ketika mandi atau digendong. Pijatan yang lembut terbukti dapat membuat bentuk kepala menjadi bagus. Lakukan hal tersebut 2-3 sehari secara rutin.

Sebetulnya, hal terpenting bagi bayi Anda adalah pertumbuhan dan kesehatan badannya selama masa tumbuh kembang. Tetapi, jika kondisi peyang tidak juga membaik setelah menerapkan seluruh cara diatas, tidak ada salahnya melakukan konsultasi dengan dokter anak terdekat agar mendapatkan saran dan tindakan yang paling tepat. Pastikan proses ‘pembentukan’ kepala Anda lakukan pada saat bayi berusia kurang dari 1 tahun karena setelah usia tersebut biasanya kepala bayi sudah terbentuk dan tak lagi mudah untuk diubah.

Semoga bermanfaat!

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =