Ibu Hamil, Bolehkah Makan Sayur Nangka?

Sayur nangka yang pada umunya dijumpai pada masakan padang memang lezat dan menggugah selera. Tetapi, beredar wejangan di masyarakat bahwasanya pada ibu hamil ada larangan untuk memakan sayur nangka, apalagi nangka muda. Betulkah larangan itu? Mari kita simak penjelasannya.

sayur nangka ibu hamil

Pada dasarnya, sayur nangka akan membuat perut memproduksi gas sehingga menyebabkan kembung. Memang tidak semua yang mengkonsumsi sayur nangka akan mengalami perut kembung karena sensitifitas perut terhadap nangka berbeda dari satu orang ke orang yang lainnya.

Ibu hamil yang sensitif dengan nangka sebaiknya tidak memakan sayuran ini selama hamil, terutama ketika hamil muda atau pada trimester terakhir. Perut kembung akan membuat rasa yang sungguh tidak nyaman, apalagi pada ibu hamil yang perutnya sedang membesar. Tak jarang, kasus perut kembung membawa efek yang buruk bagi janin jika tidak segera ditangani.

Lagipula, faktanya sayur nangka tidak memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk bayi. Satu-satunya alasan memakan nangka selama kehamilan adalah hanya untuk memanjakan mulut dan merangsang nafsu makan saja.

Jika dikonsumsi hanya sekali dua kali dan tidak berlebihan, bolehlah nangka menjadi salah satu menu selama kehamilan agar ibu tidak bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Yang pasti, hindarilah nangka jika Anda sensitif dengan makanan yang menimbulkan gas berlebih dalam perut.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 10 =