Ibu Hamil Makan Ikan Asin, Bolehkah?

Ibu hamil dan ngidam adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Saking ‘anehnya’, bisa saja ngidam membuat Anda yang sebelumnya tidak pernah menyukai makanan tertentu menjadi tiba-tiba suka minta ampun pada saat hami. Ikan asin, misalnya. Makanan khas yang satu ini memang sedap dan menggugah selera. Saking eksotiknya, banyak ibu hamil yang ngidamnya adalah ikan asin dan tidak bisa berhenti mengkonsumsinya selama kehamilan.

Ibu Hamil Makan Ikan Asin

Lalu pertanyaannya, boleh atau tidak sih ibu hamil itu makan asin? Jawabannya sangat tergantung dengan kondisi si ibu hamil, bisa boleh bisa juga tidak boleh. Yang pasti, pada prinsipnya ikan asin tidak masuk dalam kategori makanan terlarang untuk ibu hamil sehingga secara umum aman-aman saja. Meski demikian, ibu hamil dengan hipertensi tidak diperkenankan mengkonsumsi ikan asin karena dapat menimbulkan resiko pre-eklampsia. Hal yang penting juga adalah bahwa konsumsi ikan asin tidak boleh dilakukan berlebihan. Secukupnya saja. Makanan sehat pun akan menjadi tidak sehat jika dimakan dengan jumlah yang berlebihan.

Informasi seputar ikan asin
Ada 2 hal yang perlu dikupas tentang ikan asin. Pertama adalah gizinya, kedua adalah produknya. Kedua hal tersebut saling berhubungan satu sama lain sehingga harus betul-betul diperhatikan.

Pertama. Ikan asin mengandung berbagai zat yang baik untuk ibu hamil seperti yodium, protein, lemak dan zat besi ditambah gizi lain layaknya ikan segar. Tapi, seluruh kandungan baik tersebut pastinya memiliki ambang batas dan tidak boleh berlebihan. Selain itu, jika tidak teliti dalam membeli, bisa-bisa bukan kebaikan yang didapat melainkan sebaliknya seperti yang dibahas pada poin kedua dibawah.

Kedua. Perlu diingat bahwa Indonesia adalah negara yang paling rentan dengan kejahatan pangan. Artinya, mekanisme pembuatan makanan tidak sepenuhnya diawasi apalagi disertifikasi. Ikan asin sebagai ‘makanan rakyat’ adalah salah satu yang sering menjadi sasaran. Sudah jadi rahasia umum bahwa banyak ikan asin berformalin yang beredar di pasar-pasar Indonesia. Nah, hal inilah yang harus dihindari oleh ibu hamil. Secara sederhana, pilihlah ikan asin yang benar-benar bisa Anda percayai.

Kesimpulan
Ikan asin tidak dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan tidak berbahaya selama memenuhi 3 persyaratan : 1. Ibu hamil tidak hipertensi, 2. Tidak dikonsumsi secara berlebihan dan 3. Ikan asin jelas sumbernya dan tidak mengandung bahan pengawet yang berbahaya seperti formalin.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + eleven =