Cara Alami Mengobati Biang Keringat Pada Bayi

Biang keringat atau keringat malam memang suka membuat sebal tak terkecuali pada bayi. Rasa gatal yang ditimbulkan oleh keringat buntet tersebut tak jarang membuat bayi menjadi rewel dan menangis. Bintil kecil berwarna merah itu biasanya terdapat pada leher, lipatan paha, ketiak dan punggung atau wajah.

Cara Alami Mengobati Biang Keringat Pada Bayi 1

Nah, sebelum buru-buru ke dokter atau menggunakan obat-obatan apotik, ada baiknya orangtua mencoba cara alami untuk mengobati biang keringat pada bayi menggunakan resep tradisional.

Berikut beberapa alternatif pengobatan alami untuk biang keringat yang dapat dicoba :
1. Mentimun. Buah mentimun yang sudah dikupas kulitnya diblender halus atau bisa juga diparut. Oleskan ‘jus’ mentimun tersebut ke area yang ada biang keringat. Tipis-tipis saja dan biarkan hingga kering. Mentimun yang ‘dingin’ dapat meredakan rasa gatal dan bintil biang keringat.
2. Kacang Hijau. Pengobatan dari dalam khusus untuk bayi yang sudah bisa makan. Caranya adalah dengan menumbuk halus kacang hijau dan direbus hingga matang. Kacang hijau bagus untuk kulit bayi dan terbukti ampuh meredakan biang keringat.
3. Tepung Kanji. Sifatnya yang dingin akan membuat rasa gatal pergi menjauh. Cara memberinya adalah dengan menggosok tepung yang sudah dicampur dengan air ke area biang keringat. Harap perhatikan untuk mencuci terlebih dahulu area yang ingin diolesi.
4. Bubuk ketumbar + bubuk cendana. Campurkan masing-masing dua sendok makan. Kemudian tambahkan dengan air mawar secukupnya. Oleskan ramuan tersebut pada biang keringat lalu biarkan hingga kering. Setelah itu basuh dengan air dingin.
5. VCO (virgin coconut oil).

Selain mengobati, orangtua dapat juga menempuh berbagai cara untuk membantu bayi mengatasi keluhan biang keringat dan meminimalisir dampaknya dengan cara :
1. Kendurkan pakaian.
2. Ukur suhu ruangan menjadi sejuk dan tidak panas.
3. Potong kuku bayi agar ia tidak melukai kulitnya sendiri ketika menggaruk.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =