BAB Hijau Pada Bayi : Mitos & Fakta

Orangtua mana yang tidak panik ketika mendapati bayinya mengeluarkan BAB berwarna hijau yang kadangkala berbuih?  Sementara warna feses yang selama ini kita ketahui hanyalah kuning atau coklat saja? Faktanya, BAB hijau hampir terjadi setidaknya sekali pada semua bayi dalam masa pertumbuhannya. Faktanya lagi, pada bayi warna feses bisa bermacam-macam, kuning, hijau, coklat, merah dan putih keabu-abuan yang seluruhnya dapat menjadi indikasi kesehatan si bayi.

Tentang BAB berwarna hijau, di masyarakat umum beredar mitos bahwa hal tersebut terjadi karena bayi yang kaget. Padahal, menurut ilmu kedokteran BAB hijau masih masuk dalam kategori normal yang diakibatkan oleh kelebihan laktosa pada susu yang diminumnya. Faktor lain yang juga dapat menyebabkan BAB hijau adalah alergi, infeksi pencernaan dan efek samping obat-obatan.

BAB Hijau Pada Bayi 1

BAB Hijau Yang Butuh Perhatian Khusus
Selain karena laktosa, faktor pencetus BAB hijau lain meliputi alergi, infeksi pencernaan dan efek samping obat-obatan, perlu mendapatkan perhatian khusus dari orangtua. Terlebih bila gejala (BAB hijau) berlangsung lebih dari 24 jam dengan intensitas yang tinggi. Orangtua perlu mencari penyebab dari kondisi tersebut dengan mengingat apa saja yang sudah dimakan oleh anak atau obat-obatan yang sedang dikonsumsinya.

BAB Hijau Yang Normal
BAB Hijau tanpa keluhan yang lain seperti nafsu makan menurun, terdapat darah pada BAB, muntah, bayi lebih rewel, berat badan menurun, dan lain sebagainya adalah hal yang normal. Orangtua sebaiknya tidak khawatir secara berlebihan dan segera mencari solusi untuk mengatasi kondisi tersebut

Tips Mengatasi BAB Hijau Pada Bayi
Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah laktosa pada susu, baik ASI maupun susu formula. Dengan demikian, Anda harus mencari tahu tentang mekanisme memberikan ASI yang baik dan benar. Perlu diketahui bahwa ibu memiliki ASI depan (foremilik) dan ASI belakang (hindmilk). Jika bayi hanya mendapat foremilk yang mengandung sedikit lemak dan banyak gula, terjadi perubahan pada proses pencernaan yang akhirnya membuat feses bayi berwarna hijau.

Untuk bayi yang menkonsumsi susu formula, sebaiknya diencerkan lagi atau ganti merek lain jika dirasa tidak cocok dengannya.

Jika tips diatas membuat kondisi BAB hijau tak kunjung reda, maka Anda sebaiknya segera pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi dan mendapatkan saran pengobatan yang paling tepat.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 5 =