Solusi & Tips Bagi Bayi Susah BAB

Susu formula kerap dijadikan ‘kambing hitam’ jika bayi sudah BAB alias buang air besar. Padahal, ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan bayi menjadi susah atau jarang BAB. Sebab pada kenyataannya. bayi susu formula (terpaksa atau pun tidak) biasanya akan lancar-lancar saja dengan BAB-nya. Jika tidak, bayangkan ada berapa banyak bayi yang harus pergi ke dokter karena masalah BAB mengingat ada banyak sekali bayi peminum susu formula bahkan sejak berusia 1 hari.

bayi susah bab 3

Ritme BAB
BAB yang dikategorikan ‘susah’ atau ‘tidak lancar’ harus dikaitkan dengan ritme sebelumnya. Jika ‘bawaan’ bayi memang BAB beberapa hari sekali, bisa jadi hal tersebut memang karakteristik aslinya. Barangkali beberapa faktor seperti keturunan (orangtua juga tidak rutin BAB setiap hari) atau konsumsi susu dapat menyebabkan hal tersebut.

BAB baru bisa dikatakan tidak lancar apabila terjadi perbahan drastis, misalnya biasa bayi BAB 1x sehari menjadi 1x seminggu. Hal tersbut akan menjadi semakin perlu mendapatkan perhatian khusus apabila disertia dengan keluhan-keluhan lain pada bayi meliputi rewel, perut mengencang, kentut berlebih atau malah tidak kentut sama sekali, muntah dan berat badan yang tidak naik.

Tips Mengatasi Bayi Susah BAB

Berikut beberapa tips untuk mengatasi permasalahan BAB= yang tidak lancar :
Ganti Merek Sufor. Jika bayi Anda meminum susu formula, maka Anda bisa mengganti dengan merek lain. Kemungkinan susu yang sekarang diminum tidak cocok dengannya. Efek memang tidak akan serta-merta terasa langsung, Anda perlu mengamati perkembangan kondisi bayi 1-3 hari lamanya setelah mengganti susu.
Encerkan. Jika bayi hanya mempunyai pilihan susu formula, maka encerkanlah setiap botol yang Anda berikan dari yang biasanya. Tambahkan volume air 10-30% sehingga susu tersebut lebih mudah dicerna.
Kembali ke ASI. Bagaimana pun, ASI adalah asupan makanan yang paling sehat dan direkomendasikan. Jika ASI masih dapat diupayakan, tidak ada salahnya Anda kembali ke ASI seraya stop perlahan-lahan asupan susu formula.
Ubah jenis makanan. Untuk bayi berusia 4 bulan keatas yang sudah mendapatkan makanan pendamping, ada baiknya Anda melakukan kajian ulang terhadap makanan pendamping tersebut. Bisa jadi makanan tersebut tidak cocok bagi pencernaan bayi yang belum sempurna. Ubah ke jenis yang lebih lunak dan sederhana. Hindari jenis makanan yang keras dan terlalu kompleks kandungannya.

Sementara itu, untuk mengatasi bayi yang resew karena susah BAB atau ketika harus sakit ketika sembelit, berikut tipsnya :

bayi susah bab 1

Oleskan Minyak di Perut. Secara perlahan, usap minyak telon atau kayu putih pada perut bayi agar ia merasa nyaman. Minyak tersebut juga berfungsi untuk melemaskan dan menghangatkan perut bayi.
Oleskan Minyak di Anus. Sedikit saja. Minyak telon akan merangsang bayi untuk BAB.
– Jika kondisi tak jua membaik dan bayi tak juga BAB setelah beberapa hari yang sudah dianggap tak wajar, ada baiknya Adan segera memeriksakan bayi Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Solusi Tradisional BAB Lancar
Nenek moyang kita mewariskan beberapa ‘ilmu’ tentang cara membesarkan bayi, termasuk urusan BAB. Salah satu yang paling mujarab adalah dengan menggunakan kunyit.

Berikut caranya :
– Potong kunyit menjadi sebesar korek api
– Cuci bersih dengan air dan sabun
– Tunggu bayi ‘ngeden’. Jika Anda melihat bayi mulai ‘ngeden’, maka masukkan kunyit tersebut ke lubang anusnya secara perlahan.
– Putar-putar kunyit di dalam anus dengan hati-hati. Biasanya bayi akan segera BAB karena ‘pancingan’ kunyit tersebut.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 16 =