Cara Tepat Mengatasi Bayi Cacingan

Cacingan mungkin hal yang biasa terjadi pada orang dewasa. Meski demikian, tak jarang pula penyakit satu ini terjadi pada bayi berusia kurang dari 1 tahun. Berbeda dengan orang dewasa yang tinggal makan obat cacing saja, cacingan pada bayi memerlukan perhatian khusus. 2 kondisi yang mendasarinya adalah pertama bayi sedang berada dalam masa pertumbuhan yang membutuhkan asupan gizi yang tinggi, dan yang kedua karena bayi belum bisa menyampaikan ‘uneg-unegnya’ secara langsung kepada orangtua.

cacingan pada bayi 1

Gejala Cacingan Pada Bayi

Beberapa gejala dan tanda-tanda cacingan pada bayi, antara lain :
1. Lesu, Letih, Lemah. Bayi yang cacingan akan menunjukkan tanda-tanda fisik yang demikian karena seluruh nutrisinya diambil oleh cacing yang berada dalam saluran perncernaannya.
2. Susah Gemuk. Bayi bahkan bisa terlihat sangat kurus dan kekurangan gizi meski mendapatkan asupan makanan yang cukup. Jika hal tersebut terjadi, Anda dapat mencurigai buah hati terkena cacingan.
3. Perut buncit. Bayi akan memperlihatkan perbedaan yang mencolok antara perut dengan bagian tubuh lain yang kurus. Perut buncit merupakan tanda cacingan yang sangat umum.
4. Batuk Berkepanjangan. Gejala yang cukup ‘mengerikan’ karena pada tahap ini, cacing sudah masuk ke saluran pernafasan bayi. Bayi yang mengalami batuk berkepanjangan tanpa perubahan ketika diberikan obat batuk harus segera mendapatkan perawatan ahli medis.
5. Gangguan pencernaan. Beberapa gejala seperti diare dan susah buang air besar dapat terjadi karena cacing mengganggu saluran pencernaan bayi.

Jangan Sembarangan Memberi Obat Cacing
Bayi tidak sama dengan orang dewasa. Pada kasus bayi cacingan, orangtua tidak diperkenankan memberikan sembarang obat apalagi melebihi dosis yang diperbolehkan. Untuk hasil yang lebih baik, obat yang diresepkan oleh dokter merupakan yang paling tepat. Tetapi jika memang ingin memberikannya langsung, Anda dapat memakai pirental pamoat dengan dosis 10 mg/kg berat badan bayi. Takar obat dengan teliti sebelum meminumkannya kepada bayi.

Cara Mengatasi Cacingan Pada Bayi
Mencegah adalah lebih baik dari mengobati, yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan dan selalu membiasakan diri mencuci tangan sebelum ‘memegang’ buah hati tercinta. Tetapi jika bayi terlanjur cacingan, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya :

Pastikan Penyebab. Langkah pertama adalah pastikan bahwa apa yang dialami oleh bayi merupakan cacingan dan bukan penyakit yang lain.
Obat Cacing Sesuai Dosis. Jika sudah yakin, Anda dapat memberikan obat cacing dalam dosis yang dianjurkan. Konsultasikan hal tersebut kepada petugas apotik atau apoteker dan jangan lupa membaca panduan obat secara teliti.
Dokter. Cacingan adalah penyakit yang serius jika tidak ditangani dengan cepat karena dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit pada bayi. Penanganan yang cepat tetapi tidak tepat dan cermat akan membuat permasalahn menjadi serius. Jika Anda tidak yakin, tidak tahu dan tidak bisa memutuskan, ada baiknya Anda untuk segera konsultasi ke dokter.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =