Cara Manjur Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Bayi identik dengan cegukan. Meski pada umumnya tidak memiliki dampak negatif, cegukan yang terlampau sering atau lama kerap membuat orangtua menjadi bingung juga. Tak jarang bayi menjadi rewel, tampak kepayahan dan susah untuk tidur. Jadi, daripada dibiarkan begitu saja hingga reda sendiri, para orangtua dapat mencoba beberapa cara efektif untuk menghilangkan cegukan.

Cegukanisme
Cegukan adalah kondisi yang terjadi akibat kontraksi pada diafragma, sama saja baik yang terjadi pada bayi maupun orang dewasa. Bedanya, orang yang sudah dewasa dapat dituntun untuk menahan atau mengontrol nafas agar cegukan segera hilang. Sementara bayi yang masih kecil hanya bisa pasrah hingga cegukan hilang dengan sendirinya setelah kontraksi diafragma mengendor. Pada bayi, saking seringnya terjadi, cegukan kerap dianggap tanda bayi cepat besar meski belum ada penjelasan yang cukup masuk akal dibalik pernyataan tersebut. Nama lain dari cegukan adalah hiccups.

cara menghilangkan cegukan pada bayi 1

5 Cara Manjur Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Pertama – Ubah posisi. Udara yang tertelan oleh bayi, baik yang disengaja maupun tidak, terkadang tertahan di dada yang menyebabkan cegukan. Dengan mengubah posisi bayi, udara diharapkan akan mencari ‘jalan keluar’ sehingga tidak lagi membuat diafragma menjadi kencang.

Kedua – Sendawa. Juga berhubungan dengan udara. Sendawa setelah menyusui dapat membuat sirkulasi udara pada tubuh bayi berjalan normal. Bersendawa dilakukan untuk mengeluarkan udara berlebih atau gas di perut bayi, juga mengendurkan kontraksi pada diafragma.

Ketiga – Tepuk dan elus. Menepuk-nepuk punggung dan mengelus dada dapat membuat bayi menjadi rileks dan tenang. Ketika tenang, tubuh bayi akan secara otomatis mengendurkan ketegangan sehingga udara berlarian menuju area lain atau keluar dari tubuh.

Keempat – Berikan Gula Pasir. Gunakan jari, oleskan gula pasir ke dalam mulut bayi Anda. Rasanya yang manis akan membuat bayi mengisap gula. Biasanya, setelah beberapa menit cegukan akan lebih jarang terjadi hingga hilang seluruhnya.

Kelima – Tempel potongan tisu atau kertas di jidat. Cara ini sedikit “magic”, “nyeleneh” dan berbau tahayul. Anehnya, hampir setiap orangtua pernah menggunakan metode ini dan melihat cegukan yang menghilang dari bayi. Tentu saja tidak ada penjelasan ilmiah. Cara ini gampang digunakan dan layak Anda coba.

Video bayi cegukan + cara mengatasinya

Semoga bermanfaat

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 6 =