Bayi 6 Bulan Tetapi Belum Bisa Duduk Sendiri?

Duduk adalah sebuah fase yang terbentuk dari tahapan-tahapan perkembangan sebelumnya. Pada bayi berusia 6 bulan, fase menegakkan leher yang sudah dilampauinya pada saat berusia 3-4 bulan akan mendukung posisi duduk yang lebih proporsional dalm mantap. Tentu saja dengan asumsi bahwa otot-otot punggung bayi sudah terbentuk dengan baik sesuai dengan rata-rata proses perkembangan bayi.

Tetapi, tentu saja proses alamiah untuk mempelajari sebuah posisi baik menegakkan leher, menegapkan punggung, tengkurap termasuk duduk dan berjalan bersifat individualistis. Artinya, apa yang terjadi atas seorang bayi belum tentu sama dengan bayi yang lainnya. Perkembangan motorik bergantung pada banyak sekali faktor. Meski demikian, jika Anda menemukan bayi Anda yang berusia 6 bulan belum bisa duduk sendiri, maka itu tidak ada sangkut pautnya dengan masalah kecerdasan.

Bayi 6 Bulan Belum Bisa Duduk Sendiri 2

Anak yang terlambat bisa dan telat belajar tidak sama dengan kurang cerdas dibandingkan dengan yang lebih cepat. Beberapa faktor dominan yang mempengaruhi proses perkembangan fase duduk dan berjalan meliputi faktor bawaan dan lingkungan, gizi dan kesehatan.

Sebagai orangtua, satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan observasi. Setelah itu, Anda dapat membantu bayi agar berlatih dengan otot-otot pada punggungnya. Memangku atau menyandarkan bayi pada paha Anda dalam posisi duduk merupakan salah satu cara yang paling direkomendasikan. Jika merasa bayi Anda sudah siap untuk duduk sendiri, pastikan Anda memilih area yang empuk dan aman seperti sofa atau kasur tipis.

Proses stimulasi dapat dikreasikan sedemikian rupa agar bayi merasa senang ketika mempelajarinya. Cara paling efektif yang mudah dilakukan adalah dengan menaruh mainan yang merangsang minta bayi.

Menurut riset, proses duduk berdasarkan waktu rata-rata pada bayi adalah sebagai berikut :
Bayi dapat diarahkan ke posisi duduk pada usia 4-5 bulan, duduk dengan dibantu pada 5-6 bulan, duduk tanpa dibantu sebentar pada 6-7 bulan, dan duduk tanpa bantuan lebih kurang 10 menit pada usia 8 bulan. Akhirnya di usia 9-10 bulan, ia dapat duduk sendiri.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =