7 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Makan ada kebutuhan paling dasar dari kehidupan manusia. Bagi ibu hamil, makanan tak hanya diperuntukkan bagis sang ibu melainkan juga untuk buah hati dalam rahim yang mengalami perkembangan setiap hari. Oleh sebab itu, memperhatikan dan menjaga asupan nutrisi yang diperoleh dari makanan adalah hal yang fundamental. Dengan mengkonsumsi jenis makanan yang baik untuk ibu hamil, kita dapat membantu agar janin senantiasa sehat dan terpenuhi kebutuhannya.

buah yang baik untuk ibu hamil

Sebelumnya kita sudah membahas berbagai macam ‘pantangan’ untuk ibu hamil, maka dalam posting kali ini kita akn menguraikan 7 jenis makanan sehat yang sebaiknya dimakan selama kehamilan.

1. Telur
Telur mengandung 12 vitamin, protein dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu dan buah hati. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang baik untuk otak dan saraf janin. Pada beberapa jenis telur, kandungan omega 3 dan lemak baik yang lain. Semua jenis telur dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama telur ayam kampung.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah agar ibu selalu memasak telur hingga matang sebelum dikonsumsi. Tanda kematangan adalah warna putih dan kuning telur yang telah terbentuk sempurna. Konsumsi telur juga janganlah berlebihan untuk mengurangi efek buruk yang dapat terjadi, seperti kolesterol.

2. Salmon
Ikan laut satu ini terkenal dengan protein dan kandungan omega 3-nya yang besar. Ikan salmon diyakini memiliki kandungan merkuri yang cukup rendah jika dibandingkan ikan laut lainnya sehingga memiliki manfaat yang jauh lebih besar dari kerugian yang bisa ditimbulkannya. Konsumsi salmom 1-3 kali seminggu dengan porsi rendah hingga sedang sangat disarankan oleh ibu hamil.

3. Kacang-Kacangan
Kacang menganduing serat, protein, vitamin B dan zat mineral yang mendukung kehamilan. Buncis dan kacang tanah merupakan dua pilihan yang terbaik diantara jenis kacang yang tersedia.

4. Sayuran Hijau Tuamakanan hamil
Bayam, kangkung, brokoli dan syuran berwarna hijau tua lainnya merupakan jenis makanan yang selalu sehat untuk dikonsumsi. Pada ibu hamil, kebutuhan akan serat dan mineral yang tinggi dapat diperoleh dari sayuran hijau. Mengkonsumsi satu jenis sayuran setiap hari selama kehamilan sangat disarankan. Tentu saja dengan porsi sedang dan dikombinasikan dengan jenis makanan lain agar seimbang.

5. Umbi-Umbian
Seluruh jenis umbi, beraneka macam jenis termasuk ubi jalar, ubi kayu, singkong, kentang, ketela, dan lain sebagainya baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

6. Buah-Buahan
Untuk memperoleh nutrisi yang lengkap, buah-buahan berbagai warna dapat dikonsumsi. Hanya saja perlu diingat untuk menghindari nanas, durian, angggur selama kehamilan.

7. Sarang Burung Walet & Kelapa Muda
Dua jenis minuman atau minuman ini hingga sekarang masih menjadi perdebatan dan kontroversi di tengah masyarakat berkaitan dengan manfaatnya bagi ibu hamil. Kenyataannya, toh tetap saja masyarakat kita mempercayai keduanya sebagai sesuatu yang baik bagi kehamilan. Sarang burung walet dipercaya dapat membuat kulit bayi menjadi halus dan kelapa muda (atau kelapa jenis tertentu yang disebut kelapa ‘obat’) juga baik untuk si jabang bayi. Sarang Burung walet dan kelapa muda hanya dikonsumsi 1-2 kali saja sepanjang kehamilan, biasanya ketika hamil besar. Jika ingin, Anda boleh mengkonsumsinya untuk melengkapi nutrisi bagi buah hati.

Prinsip & Pola Makan Selama Hamil
Pada prinsipnya, semua jenis makanan yang disarankan adalah baik ketika tidak dikonsumsi secara berlebihan. Yang terpenting adalah bagaimana ibu berupaya untuk memberikan seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh janin yang sedang tumbuh. Penganeka-ragaman makanan juga bertujuan agar ibu hamil dapat memanjakan selera makannya selama kehamilan yang mungkin terkadang sedikit melelahkan.

Pola makan yang sehat selama hamil adalah yang pas, tidak kurang dan tidak lebih. Ibu tidak boleh berada dalam kondisi kelaparan atau kekenyangan. Menjaga keseimbangan antara makan, beraktivitas, olahraga dan istirahat adalah kunci penting kehamilan yang sehat.

Supplemen Pendukung
Berdasarkan fakta bahwa tidak selalu semua asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil akan terpenuhi, maka dokter secara umum akan memberikan beberapa jenis supplemen pendukung yang harus dimakan setiap hari. Zat besi, kalsium, asam folat, adalah beberapa contoh supplemen yang sebaiknya diminum rutin oleh ibu hamil. So, jangan pernah lupa untuk minum supplemen setiap hari sesuai petunjuk dokter secara teratur. Satu lagi yang tak kalah penitng adalah susu ibu hamil yang merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 4 =