10 Jenis Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, ada beberapa jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Dua alasan utama untuk hal ini adalah makanan ‘terlarang’ tersebut boleh jadi menyebabkan ibu keracunan dan mempengaruhi pertumbuhan bayi secara langsung dalam kandungan.

Berikut ini adalah daftar 10 jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil :

1. Keju
Hindarilah keju dalam kemasan, terutama brie atau jenis yang dibuat dari susu kambing. Juga gorgonzola dan roquefort. Jenis keju tersebut biasanya mengandung bakteri listeria yang dapat menyebabkan listeriosis. Infeksi seperti ini memang jarang ditemukan, tetapi jika terjadi dapat menimbulkan keguguran, lahir mati atau sakit parah pada bayi yang baru lahir. Ada baiknya sama sekali tidak mengkonsumsi keju selama kehamilan.

2. Telur Setengah Matang
Semua jenis makanan yang mengandung telur mentah atau setengah matang tidak boleh dikonsumsi selama hamil, termasuk mayonaise buatan rumah. Pastikan telur yang ingin dimakan telah dimasak sempurna untuk menghindari bakteri salmonella yang berakibat buruk bagi janin.

telur setengah matang

3. Susu non-steril
Semua jenis susu non-steril yang tidak dipasteurisasi harus dihindari. Jika ibu hamil perlu untuk mengkonsumsi susu segar, masaklah terlebih dahulu hingga mendidih sebelum diminum.

4. Daging Mentah Atau Setengah Matang
Jangan makan daging mentah atau setengah matang termasuk makanan jepang yang biasa dikonsumsi ketika sedang tidak hamil. Sebersih atau seenak apapun sajian makanan mentah atau setengah matang sebaiknya dihindari selama kehamilan.

5. Over Vitamin A
Semua makanan yang mengandung Vitamin A yang tinggi sebaiknya dihindari seperti produk makanan olahan minyak ikan atau suplemen vitamin A dosis tinggi. Terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan kerugian pada janin.

6. Ikan-Ikan Tertentu
Tidak semua jenis ikan dilarang untuk hamil, sebab ikan memiliki banyak kandungan nutrisi yang menyehatkan. Meski demikian, beberapa jenis ikan seperti tuna, makarel dan jenis yang ‘berminyak’ sebaiknya dikonsumsi tidak secara berlebihan selama kehamilan. Ikan hiu atau masakan yang mengandungnya seperti sup sirip ikan hiu adalah jenis yang harus dipantang sama sekali.

7. Seafood
Seafood tidak dilarang karena merupakan sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil seperti protein dan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak bayi. Meski demikian, seafood juga adalah sumber merkuri yang tidak baik untuk bayi. Semakin panjang usia dan besar bentuk makanan laut, semakin banyak pula merkuri yang terkandung. Selain itu, tiram-tiraman seperti kerang juga mengandung kadar merkuri yang tinggi. Beberapa jenis seafood yang masih dapat dikonsumsi oleh ibu hamil adalah udang, cumi-cumi, kepiting, ikan salmon, ikan kod, seluruhnya dalam porsi yang tdaik berlebihan.

8. Makanan & Minuman Beralkohol
Apa saja yang mengandung alkohol dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil atau yang merencanakan kehamilan. Terlalu banyak alkohol dapat berakibat serius kepada janin atau calon janin yang dikandung.

9. Kafein
Konsumsi kafein harus dikurangi selama kehamilan. Ambang batasnya adalah 200mg per hari. Level tinggi dari kafein dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir dengan bobot tubuh yang rendah. Perlu diingat, kafein tidak hanya terdapat dalam kopi atau teh, tetapi juga pada beberapa jenis makanan dan softdrink.

10. Buah-buahan terlarang
Ada 4 buah yang secara praktis ‘diharamkan’ selama kehamilan, yaitu nanas, pepaya, anggur dan durian. Keempat jenis buah-buahan tersebut mengandung zat-zat yang dipercaya tidak baik bagi janin. Meski begitu, mengkonsumsi buah-buahan adalah hal yang sangat disarankan selama kehamilan, rekomendasi buah-buahan yang baik adalah stroberi, tomat, alpukat, mangga, jeruk manis, pisang, dan lain sebagainya.

Kehamilan adalah hal luar biasa yang terjadi pada seorang ibu. Demikianlah terdapat perbedaan dan perlakuan khusus untuknya. Menghindari makanan yang tidak baik seraya tetap menjaga nutisi yang sehat setiap hari merupakan salah satu bentuk cinta kasih terhebat bagi buah hati tercinta.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − four =