Kenali 15 Tanda Awal Kehamilan

Setelah beberapa minggu sejak Anda melakukan hubungan dengan suami tercinta, dan sekarang ingin mengtahui : apakah saya hamil? Well, Anda akan membutuhkan tes kehamilan di rumah atau tes darah di klinik untuk tahu pasti. Tetapi sampai Anda dapat mengambil satu waktu terbaik adalah setelah haid datang terlambat, ada dapat menyimak 16 tanda-tanda dari awal kehamilan berikut :

1. Nafas Menjadi Pendek
Apakah Anda merasa lelah ketika naik tangga secara tidak biasa? Bisa jadi itu adalah pertanda bahwa Anda sedang hamil. Bertumbuhnya janin akan membutuhkan oksigen yang lebih sehingga memberikan Anda rasa lelah. Dan biasanya, hal tersebut mungkin berlanjut sepanjang kehamilan, terutama ketika bayi Anda mulai tumbuh sehingga memberikan tekanan pada paru-paru dan diafragma.

2. Payudara Terasa Sakit
Apakah Anda merasa sakit ketika mengenakan bra pagi ini? Ataukah Anda mendapati ukuran payudara Anda sedikit lebih besar? Merasa sedikit berat di bagian payudara, penggelapan areola dan area di sekitar dada Anda bisa menjadi tanda pertama bahwa Anda sedang hamil. Kenakan bra yang paling nyaman – terumata jika tidur – untuk membantu meringankan rasa yang tidak enak.

3. Kelelahan
Anda merasakan lelah dan ingin selalu tidur. Bahkan pada waktu yang sangat awal ketika baru rebah di atas ranjang. Jika Anda merasakan lelah yang datang tiba-tiba, barangkali hal tersebut adalah respon terhadap hormon meningkat dalam tubuh Anda. Bagi sebagian besar ibu hamil, kelelahan kerap terus terjadi pada trimester pertama sebelum surut di trimester berikutnya.

4. Mual
Kebanyakan wanita hamil mulai mengalami mual dan muntah ketika mereka sekitar 6 minggu bersama, tetapi beberapa dapat mengalami morning sickness (yang sayangnya bisa terjadi pagi, siang dan malam) pada masa yang sangat awal. Hal tersebut kemungkinan besar akan mereda ketika Anda memasuki trimester kedua. Untuk menghadapinya, cobalah untuk makan makanan yang tidak memicu rasa mual.

5. Sering Pipis
Jika Anda tiba-tiba menemukan diri Anda tidak bisa tidur sepanjang malam karena selalu ingin buang air kecil, bisa jadi ini mungkin menjadi tanda awal kehamilan. Selama hamil, tubuh Anda akan memproduksi cairan tambahan yang membuat Anda menjadi ‘beser’ dan selalu ingin pipis. Bagi wanita yang memang sebelumnya ‘doyan’ pipis, maka intensitas ‘pipis’ pun akan bertambah lagi dengan sendirinya.

6. Sakit Kepala
Berubahkan siklus hormon pada ibu hamil juga dapat membuat Anda mengalami sakit kepala. Ini adalah hal yang cukup umum yang menandakan awal kehamilan. Yang paling prnting untuik diperhatikan adalah gunakan obat pereda sakit kepala khusus untuk ibu hamil jika memang dibutuhkan.

7. Sakit Punggung
Apakah punggung bawah Anda sedikit sakit? Jika Anda sebelumnya tidak memiliki sakit punggung, itu bisa jadi karena ligamen Anda sedang mengalami pelonggaran. Hal ini ini mungkin akan terus Anda alami sepanjang kehamilan.

8. Kram
Apakah itu karena masa pra-menstruasi ataukah kehamilan, sulit membedakan kram yang dialami. Jika itu adalah tanda kehamilan, bisa jadi hal tersebut diakibatkan oleh rahim yang sedang mengalami peregangan.

9. Mengidam atau Keengganan terhadap Makanan
Tiba-tiba Anda tidak menyukai jeruk, atau merasa mual jika melihat ikan goreng di hadapan Anda yang sebelumnya Anda sukai. Jika Anda mendapati masalah makan yang tidak ada sebelumnya, bisa jadi tubuh Anda sedang memberitahu Anda bahwa Anda sedang hamil.

10. Sembelit dan Kembung
Anda mengalami kesusahan membuang air besar atau merasa sedikit gemuk dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh hormon progesteron lebih yang terjadi pada kehamilan. Hormon tersebut juga akan membuat Anda merasakan kembung pada perut karena memperlambat pencernaan Anda.

11. Mood Berubah-ubah
Anda merasakan mood yang tidak terkendali. Bahkan harus marah-marah kepada suami yang mungkin hanya salah mengambilkan kaos kaki yang Anda minta. Bisa jadi, perubahan hormon yang memnyebabkan perubahan emosi merupakan pertanda awal kehamilan. Perubahan emosi tersebut secara perlahan dapat Anda kontrol pada masa-masa kehamilan selanjutnya.

12. Hidung Super Sensitif
Aroma sampah atau sesuatu yang tidak sedap dapat membuat Anda tiba-tiba muntah. Jika Anda jijik oleh bau tertentu, atau memiliki peningkatan kepekaan terhadap bau, itu mungkin berarti Anda sedang hamil.

13. Pusing Hingga Pingsan
Dalam film, kerap kita menonton adegan ibu hamil yang mengalami pusing hingga pingsan. Itu bukanlah karangan belaka, sebab didasarkan pada realita. Gula darah yang rendah atau tekanan darah rendah akibat kehamilan dapat menyebabkan pusing. Pastikan Anda cukup makan dan minum dengan baik.

14. Bercak
Apakah Anda sedang mens atau tidak? Anda tidak tahu pasti ketika melihat bercak darah yang sangat sedikit pada periode yang lebih awal dari waktu menstruasi Anda. Well, Anda mungkin sedang mengalami pendarahan implantasi, di mana telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim dan menyebabkan rembesan darah yang kecil.

15. Terlambat Datang Bulan
Banyak tanda-tanda awal kehamilan adalah juga gejala PMS. Bagaimana membedakannya? Yang paling jelas adalah menstruasi yang terjadi. Jika siklus Anda sebelumnya teratur lalu tiba-tiba terlambat, maka Anda harus segera ke apotik untuk membeli testpack.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − one =